Menaker Hanif Dhakiri bersama pengusaha ritel di Bekasi. (Ist)

Menaker: Penciptaan 10 Juta Lapangan Kerja Terealisasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)-  Target penciptaan 10 juta lapangan kerja telah berhasil terlampaui. Keberhasilan tersebut terealisasi berkat terwujudnya iklim investasi yang baik di Indonesia.

Penegasan itu disampaikan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri di hadapan ratusan pengusaha ritel binaan Sampoerna yang tengah menjalani pendampingan di Bella Vista Kota Bekasi, Kamis (14/2/2019).

“Presiden Joko Widodo memasang target 10 juta lapangan kerja tercipta selama lima tahun masa kepemimpinannya dan itu sudah terlampaui karena data terkini memperlihatkan 10.500.000 angkatan kerja yang kini telah terserap di dunia kerja,” ucapnya.

Disebutkan, pemerintah telah berhasil menciptakan iklim investasi yang baik di tanah air. Adanya iklim investasi yang sehat ini menjadi daya tarik bagi investor untuk datang ke Indonesia dan menanamkan modalnya.

“Indonesia pun kini menjadi salah satu negara yang diincar banyak investor,” katanya.

Hanif menegaskan, agar masyarakat jangan selalu memandang negatif terhadap kedatangan investor asing. Meskipun mereka juga datang dengan tenaga kerja asing yang turut menyertai.

“Kedatangan tenaga kerja asing yang menyertai investor tidak dimaksudkan untuk merebut lapangan pekerjaan tenaga kerja lokal. Justru tenaga kerja lokal bisa ikut terekrut di dunia industri berkat kehadiran investor-investor tadi,” katanya.

Ia pun mencontohkan kejadian tersebut pada kenyataan di Morowali, Sulawesi Tengah. Sebelumnya, perekonomian kabupaten yang hanya dihuni 150.000 jiwa tersebut kurang menggeliat.

Hingga akhirnya datang investor asing yang menyuntikkan modalnya untuk usaha pengolahan nikel di lokasi tersebut. Sedikitnya 32.000 lapangan pekerjaan tersedia berkt kehadiran industri pengolahan nikel itu.

“Sebanyak 29.000 tenaga kerja direkrut dari warga setempat, baru sekitar 10 persen lainnya yang merupakan tenaga kerja asing dengan keahlian khususnya,” katanya.

Tak sekadar mengentaskan pengangguran warganya, kehadiran industri tersebut juga turut menggerakkan gerak perekonomian di Morotali secara keseluruhan meskipun tidak bersentuhan langsung dengan aktivitas industri. (jonder sihotang)