Karena jumlah penumpang telah melampaui kapasitas yang tersedia, AP II selaku pengelola Bandara Internasional Minangkabau Padang akan memperluas terminalnya.

AP II Perluas Terminal Bandara Minangkabau Padang

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Jumlah penumpang di Bandara Internasional Minangkabau di Padang, Sumatera Barat (Sumbar), telah melebihi kapasitas penumpang yang tersedia. Untuk itu PT Angkasa Pura II akan melakukan perluasan terminal bandara.

Pada 2018, jumlah penumpang mencapai 4,13 juta orang padahal kapasitas bandara hanya 2,3 juta penumpang. Pesatnya pertumbuhan penumpang ini tidak lepas dari bergeliatnya sektor pariwisata dan perekonomian di Sumbar.

Menyikapi kondisi tersebut, PT Angkasa Pura II (Persero) selaku pengeloa bandara telah memiliki rencana untuk mengembangkan terminal hingga dua kali lipat.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan pengembangan terminal ini nantinya akan membuat Bandara Internasional Minangkabau dapat menampung hingga 5,7 juta penumpang per tahun.

“Pengembangan terminal Bandara Internasional Minangkabau ini untuk mengejar backlog sehingga pelayanan di bandara dapat tetap terjaga. Pengembangan terminal hingga dua kali lipat ini juga sebagai komitmen AP II dalam mendukung pertumbuhan pariwisata dan perekonomian di Sumbar khususnya Padang,” ujar Muhammad Awaluddin di Jakarta Sabtu (16/2)

Adapun pengembangan terminal ini direncanakan tuntas pada 2019 sehingga masyarakat setempat dapat memiliki bandara lebih luas dan megah, sekaligus ikon kota Padang yang dapat dibanggakan.

Di samping mengembangkan terminal penumpang pesawat, AP II juga memperluas area pergudangan kargo menjadi 3.677 meter persegi dan apron pesawat menjadi 80.520 meter persegi.

“Bisnis kargo memang menjadi salah satu fokus AP II pada tahun ini karena pertumbuhannya yang cukup pesat seiring dengan majunya bisnis e-commerce di Indonesia. Karena itu, hampir di setiap bandara kami memperluas area kargo guna memanfaatkan momentum ini.”

Maskapai yang melayani penerbangan dari bandara ini antara lain Garuda Indonesia, Sriwijaya Air, Wings Air, Lion Air, NAM Air, Citilink, dan Xpress Air.
Adapun rute internasional dilayani oleh AirAsia (Kuching dan Kuala Lumpur) serta Wings Air (Kuching)