Jika Terpilih Kembali, Jokowi Janji Naikkan Dana Desa Jadi Rp 400 Triliun

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Calon presiden nomor 01 Joko Widodo mengatakan, jika kembali dipercaya memimpin Indonesia, dirinya berjanji bakal meningkatkan anggaran desa. Jokowi menyatakan bakal menyiapkan anggaran dana desa sebesar Rp400 triliun selama lima tahun ke depan.

“Dalam lima tahun ke depan kami rencanakan total dana desa akan mencapai Rp400 triliun,” kata Jokowi saat pidato kebangsaan dalam acara Konvensi Rakyat, di SICC, Bogor, Jawa Barat, Minggu (24/2/2019).

Jokowi mengatakan selama empat tahun ini pemerintah telah mengucurkan dana desa total Rp187 triliun. Sementara untuk tahun ini pemerintah menggelontorkan anggaran dana desa sebesar Rp70 triliun, naik sekitar Rp10 triliun dari tahun sebelumnya.

Jokowi menyebut anggaran dana desa itu telah digunakan membangun jalan dan jembatan desa, Posyandu, PAUD, air bersih, serta peningkatan sanitasi.

“Ekonomi desa juga berkembang. Pendapat masyarakat desa juga meningkat pesat, angka pengangguran di desa turun,” ujarnya.

Menurut Jokowi, dana desa dicanangkan pemerintahannya sejak 2015 lulu guna membangun ekonomi, membuka konektivitas dan membuka kesempatan kerja di desa.

“Dengan pemanfaatan yang semakin baik, kemakmuran rakyat akan semakin merata hingga ke pelosok desa. Ini lah salah satu alasan kenapa kita harus optimis sejahtera,” kata Jokowi.

Anggaran dana desa memang terus meningkat setiap tahunnya sejak dikucurkan pada 2015 lalu. Jokowi ketika itu menggelontorkan dana desa sebesar Rp20,7 triliun. Kemudian pada 2016 sebesar Rp47 triliun, 2017 dan 2018 sejumlah Rp60 triliun, serta 2019 sebesar Rp70 triliun.

Separuh dari penduduk Indonesia tinggal di desa dan dengan tingkat kemiskinan yang lebih tinggi dari perkotaan. Kita telah memulai program dana desa untuk membangun ekonomi desa membuka konektivitas dan membuka kesempatan kerja seluas seluasnya di desa.