Pengecatan menara suar Ketawang dipilih Disnav Cilacap sebagai program padat karya

Program Padat Karya Disnav Cilacap, Ngecat Menara Suar Ketawang

PURWOREJO (Independensi.com) – Kantor Distrik Navigasi Kelas III Cilacap Direktorat Jenderal Perhubungan Laut menggelar peogram padat karya di Menara Suar Ketawang, Purworejo, Jateng pada hari ini (2/3).

Sedikitnya 400 orang warga Desa Ketawangrejo, Grabag, Purworejo, Jawa Tengah terlibat dalm program padat karya tersebut.

Program karya di Menara Suar meliputi kegiatan pengecatan menara suar, pembersihan lokasi, perbaikan dan pengurukan jalan menuju menara suar.

Kasubdit Angkutan Laut Dalam Negeri, Direktorat Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Capt. Budi Mantoro yang mewakili Direktur Lalu Lintas Angkutan Laut Ditjen Hubla menyampaikan bahwa padat karya merupakan salah satu program kerja Kementerian Perhubungan yang fokus pada pelibatan dan kontribusi nyata kepada masyarakat.

“Kami berharap kerja sama antara Disnav Cilacap dengan masyarakat Ketawang ini dapat semakin menumbuhkan kesadaran warga tentang pentingnya keselamatan dan keamanan pelayaran dalam bentuk menjaga serta memelihara alat-alat keselamatan pelayaran seperti Menara Suar Ketawang ini,” kata Capt. Budi.

Sementara itu, Kepala Distrik Navigasi Kelas III Cilacap, Hendaviny Kartomo mengatakan bahwa kegiatan padat karya merupakan tindaklanjut instruksi dari Direktur Jenderal Perhubungan Laut untuk melibatkan sebanyak mungkin peran serta masyarakat setempat dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh setiap Unit Pelaksana Teknis di daerah.

Alasan pemilihan Menara Suar Ketawang sebagai lokasi padat karya mengingat Menara Suar ini merupakan salah satu dari 8 Menara Suar yang berada di bawah pengelolaan Kantor Disnav Kelas III Cilacap. Posisi Menara Suar Ketawang ini dinilai sangat strategis. Selain berfungsi sebagai alat keselamatan dan keamanan pelayaran di laut selatan, menara suar ini berada di tengah-tengah lingkungan masyarakat desa.

“Program padat karya ini juga dapat memberikan kontribusi langsung kepada masyarakat desa. Sehingga diharapkan dapat turut serta membantu peningkatan ekonomi masyarakat setempat,” kata Henda.

Adapun Kepala Desa Ketawangrejo Supriyanto mengaku sangat berterima kasih atas kepedulian Disnav Navigasi Cilacap kepada masyarakat Ketawang.

“Baru kali ini ada padat karya yang melibatkan masyarakat sampai 400 orang. Ini jumlah terbanyak sepanjang masa padat karya di desa ini,” kata Supriyanto.

“Ketawang ini salah satu daerah tujuan wisata yang ada di Kabupaten Purworejo. Bahkan Menara Suar Ketawang telah menjadi ikon pariwisata,” tutup Supriyanto.