Hinga Akhir Tahun 2019, Kementerian PUPR  Targetkan  512.000 Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

JAKARTA (IndependensI.com)  – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Konstruksi terus mendukung pemenuhan kebutuhan tenaga kerja di bidang konstruksi yang unggul dan berdaya saing melalui sertifikasi kompetensi tenaga konstruksi.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan secara bertahap program sertifikasi kompetensi tenaga konstruksi terus dilakukan untuk memenuhi target yang dicanangkan sebanyak 512.000 tenaga kerja bersertifikat pada tahun 2019.

Dirjen Bina Konstruksi Kementerian PUPR Syarif Burhanuddin mengatakan Kementerian PUPR selaku pembina jasa konstruksi Indonesia terus berupaya memenuhi target peningkatan jumlah tenaga kerja konstruksi bersertifikat hingga 10 kali lipat, sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi di Ji-Expo Kemayoran, Oktober 2018.

“Hal tersebut juga sesuai amanat Undang-Undang Jasa Konstruksi nomor 2 Tahun 2017,” Katanya pada acara Construction Fun Day yang digelar di Plaza Tenggara, Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Minggu (17/3/2019).

Menurutnya Syarif, selama periode bulan Oktober 2018 sampai Maret 2019, Kementerian PUPR sudah melakukan sertifikasi terhadap 140.000 tenaga kerja konstruksi baik tenaga ahli dan tenaga terampil.

Syarif mengatakan, acara Construction Fun Day bertujuan untuk mengenalkan dunia konstruksi kepada masyarakat sehingga perlu ditindaklanjuti. “Bukan hanya pada hari ini saja, karena ini merupakan suatu bukti bahwa kebijakan tentang infrastruktur itu pasti tidak terlepas dengan konstruksi dan kegiatan konstruksi tidak terlepas dari sumber daya manusianya,” terangnya.

Kegiatan ini merupakan serangkaian dari Musyawarah Nasional (Munas) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) 2019. Di mana kegiatan ini salah satu cara mengajak masyarakat untuk mengetahui terkait pembangunan konstruksi. “Masyarakat bisa melihat bagaimana cara proses membangun konstruksi dari awal sampai selesai,” ujarnya.

Construction Fun Day diselenggarakan dalam rangka peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-60 Gapensi tersebut dihadiri Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR Anita Firmanti, Ketua LPJKN Ruslan Rivai, Ketua Umum Gapensi Iskandar Z Hartawi, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Dewi Chomistriana, Direktur Bina Penyelenggaraan Jasa Konstruksi Putut Maharyudi, dan Direktur Pengadaan Barang Jasa Sumito.

Construction Fun Day diisi sejumlah kegiatan yakni Construction Fun Run 5k, Lego Competition Building, Photography Contest, dan Construction Exhibition.

Disamping itu juga digelar Construction Warrior sebagai ajang unjuk ketrampilan para tukang dalam menyelesaikan tantangan pekerjaan seperti mengecat, hingga memasang keramik. Lomba ini tidak hanya adu cepat namun juga kualitas pekerjaan, kebersihan, dan keselamatan kerja.