Presiden Singgah di Toko Bahan Bangunan, Cek Pasokan Semen di Lombok

NTB (IndependensI.com) – Dalam kunjungan kerja ke Lombok, Nusa Tenggara Barat, Kepala Negara sempat singgah di sebuah toko bahan bangunan. Kunjungannya yang mendadak itu dilakukan di tengah perjalanan Presiden dan rombongan menuju rumah makan sebelum bertolak menuju Provinsi Bali.

“Saya mendadak ngecek penjualan semen, stok semen, stok baja ringan,” kata Presiden di Desa Beleke, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat, Jumat, 22 Maret 2019.

Berdasarkan pantauan di lokasi, warga setempat terlihat berkerumun begitu mengetahui kehadiran Presiden di toko bahan bangunan dengan tulisan “UD Aman Bahagia” pada papan penanda toko tersebut.

Presiden menjelaskan, di toko tersebut stok dan suplai semen beserta bahan bangunan lainnya tidak mengalami kendala pengiriman maupun ketersediaan.

“Semen enggak ada masalah ya, Bu?” tanya Presiden.

“Alhamdulillah, sementara enggak ada masalah,” jawab ibu pemilik toko tersebut.

Dirinya kemudian menjelaskan bahwa kunjungannya ini hanya untuk memastikan ketersediaan bahan bangunan yang dibutuhkan dalam proses rehabilitasi dan rekonstruksi rumah warga Lombok Barat yang terdampak gempa tidak ada kendala berarti. Sebelumnya, Kepala Negara juga sudah memerintahkan Menteri BUMN untuk mengirimkan lebih banyak lagi pasokan semen ke Lombok Barat.

“Itu yang mau kita cek. Ini ingin memastikan saja jangan sampai uang bantuan sudah kita gelontorkan tapi barang-barang material tidak ada,” tuturnya.

Melalui peninjauan di toko tersebut, Presiden memperoleh informasi ketersediaan pasokan semen yang tidak mengalami kendala beserta harga yang ditawarkan.

“Harganya juga saya lihat tadi untuk 50 kilogram Rp60.000. Harganya sudah baik,” tandasnya.

Tinggalkan NTB, Presiden Langsung ke Bali untuk Resmikan Pasar Badung

Setelah melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Jumat pagi, 22 Maret 2019, Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana Joko Widodo melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Bali dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Bandar Udara Internasional Lombok, Kabupaten Lombok Tengah pada pukul 17.15 WITA.

Tiba di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Kabupaten Badung, Presiden dan rombongan langsung menuju Pasar Badung, Kota Denpasar untuk meninjau sekaligus meresmikan pasar rakyat “Pasar Badung”.

Dari Pasar Badung, Presiden dan rombongan akan menuju Ardha Chandra di Kecamatan Denpasar Selatan, Kota Denpasar. Di tempat ini, Kepala Negara diagendakan untuk menghadiri simakrama (silaturahmi) dengan tokoh dan masyarakat Bali.

Usai acara, Presiden akan melanjutkan perjalanan menuju Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan melanjutkan agenda kerja keesokan harinya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Bali yaitu, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Staf Khusus Presiden Sukardi Rinakit, Sekretaris Militer Presiden Marsda TNI Trisno Hendradi, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak.