(kiri-kanan) Ketua Pengarah Komunitas Olahraga Bersatu, Harry Warganegara, tokoh pemuda Raja Sapta Oktohari dan Ketua Pelaksana, Richard Sam Bera pada jumpa pers Deklarasi Komunitas Olahraga, Pemuda, Influencer, Penyandang Disabilitas di Jakarta, Kamis (4/4/2019). (Independensi/Pribadi)

Komunitas Olahraga Berikan Dukungan

JAKARTA (IndependensI.com) – Dukungan pemerintah pusat dan daerah pada peningkatan prestasi olahraga Indonesia, dianggap cukup maksimal. Hal ini terkait dengan prestasi yang dihasilkan atlet-atlet Indonesia di kancah Asian Games dan Asian Para Games 2018. Prestasi tersebut pun diakui dunia olahraga Internasional dan diharapkan kedepannya pemerintah dapat memberikan dorongan secara berkesinambungan.

“Olahraga Indonesia sudah diakui dunia internasional berkat sukses prestasi dan penyelenggaraan Asian Games dan Asian Para Games lalu. Semua ini berkat dukungan dan dorongan pemerintah, baik pusat maupun daerah. Momen ini perlu digelorakan agar semangat atlet tak lekas pudar untuk meraih prestasi lanjutan dan pemerintah pun terus memberikan dorongan moril serta materil secara nyata dan kontinyu,” ujar mantan perenang nasional Richard Sam Bera, Kamis (4/4/2019).

Dia menambahkan, pemerintah pun sudah menyediakan sarana dan prasarana olahraga kelas dunia di Tanah Air, seperti di kawasan Senayan, Jakarta dan Jakabaring Sport City di Palembang. Selain itu, pemerintah juga memberikan bonus yang cukup besar dan sangat cepat tiba di tangan atlet. “Bonus besar dan cepat adalah kali pertama dalam sejarah olahraga Indonesia,” imbuh Richard.

Berkenaan dengan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 dan terkait dengan kepedulian pemerintah ini, Richard dan komunitas olahraga, pemuda, influencer, dan penyandang disabilitas akan menggelar deklarasi untuk berikan dukungan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo – Ma’ruf Amin di ICE BSD, Tangerang, Banten pada Minggu (7/4/2019).

Richard sebagai ketua pelaksana acara deklarasi tersebut mengatakan, dukungan itu datang dari individu-individu dengan latar belakang yang berbeda tetapi memiliki pemikiran yang sama pada kinerja serta kepedulian pemerintah saat ini. “Dukungan bermunculan dari berbagai komunitas untuk memenangkan pasangan tersebut,” ujar Richard.

Sementara itu, Ketua Pengarah Komunitas Olahraga Bersatu, Harry Warganegara mengatakan, kegiatan ini sangat penting mengingat dalam acara tersebut akan disampaikan harapan para atlet dan mantan atlet serta atlet disabilitas kepada presiden dan wakil presiden terpilih nanti. “Dalam acara itu, para atlet dan mantan atlet akan menyampaikan harapan kepada pasangan capres 01, sehingga prestasi olahraga Indonesia akan lebih berkembang lagi,” kata Harry.

Acara ini sedianya diikuti para pendukung dari kalangan atlet, komunitas olahraga, pemuda, dan penyandang disabilitas yang berprestasi di Asian Para Games 2018. Acara ini pula diharapkan pula menjadi perekat jalinan persahabatan dan kesatuan khususnya di masyarakat olahraga, pemuda dan bangsa Indonesia secara umum.

“Saat ini, terdapat kecendrungan beberapa golongan masyarakat yang menjauhi nilai sportivitas seperti di olahraga. Saling fitnah, info hoaks dan caci maki sesama mewarnai kehidupan bermasyarakat akhir-akhir ini. Situasi tadi berpotensi memecah-belah persatuan dan kesatuan bangsa. Sudah saatnya perlu menyatukan kembali jalinan persahabatan dan memperkuat tali silahturahmi, khususnya di masyakarat olahraga, pemuda dan penyandang disabilitas di Tanah Air,” ujar Raja Sapta Oktohari, seorang tokoh pemuda yang sangat peduli pada kemajuan olahraga Indonesia.