Ilustrasi. (Dok/Ist)

Tontowi/Winny Melaju ke Delapan Besar

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda campuran senior-junior Tontowi Ahmad/ Winny Oktavina Kandow melaju ke perempat final ajang Malaysia Open 2019 setelah menghentikan rekan berlatih di Pelatnas Bulutangkis Indonesia, Hafiz Faisal/ Gloria Emanuelle Widjaja, 19-21, 21-18 dan 21-19 di Kuala Lumpur, Malaysia, Kamis (4/4/2019).

Seperti dikutip dari badmintonindonesia.org, pada dua perjumpaan sebelumnya, Tontowi/Winny belum sekalipun meraih kemenangan. Di perjumpaan terakhir mereka pada ajang India Open 2019, pekan lalu, Tontowi/Winny kalah dua game langsung 17-21 dan 14-21. “Yang pasti kami mempelajari permainan. Kemarin kami kalah dari mereka, dipelajari lagi video masing-masing. Melihat kelemahannya. Kunci kemenangan kami kali ini ketenangan di lapangan, nggak buru-buru. Walaupun posisi ketinggalan kami tetap tenang. Kami mikirin poin satu demi satu,” ungkap Tontowi.

Laga ketat terjadi sejak game pertama dan kedua dimainkan. Kedua pasangan ini secara bergantian saling menekan dan memberikan serangan. Masuk ke game tiga, setelah membuka poin 1-0, Tontowi/Winny malah terus tertinggal dari Hafiz/Gloria. Baru pada poin 17-19, Tontowi/Winny tancap gas dengan merebut empat poin berurutan. Mereka akhirnya menang 21-19. “Tadi kami lebih tenang, Bang Owi juga mengingatkan saya untuk tetap tenang dan lebih berani,” ujar Winny.

Selanjutnya di perempat final, Tontowi/Winny akan bertemu pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/ Lai Pei Jing yang menghentikan langkah pasangan India, Pranaav Jerry Chopra/ Reddy N. Sikki dengan rubber game 15-21, 21-17 dan 21-13. Kedua pasangan ini tercatat belum pernah saling bertemu di lapangan. “Kami jaga kondisi aja buat besok. Istirahat yang cukup, jaga makan. Nanti kami pelajari lagi permainan mereka seperti apa. Yang penting sebenarnya ada di diri kami. Kami harus bisa main fokus dan tenang. Mudah-mudahan bisa menang,” ujar Tontowi.

Sebelumnya, pasangan Rinov Rivaldy/ Pitha Haningtyas Mentari terhenti langkahnya. Mereka harus mengakui keunggulan ganda China, Wang Yilyu/ Huang Dongping dalam laga dua game langsung 12-21 dan 6-21 dalam waktu 26 menit.