Terminal baru Bandara Gebe

Mau Naik Kelas Jadi BUPU, Runway Bandara Gebe di Hotmix

HALMAHERA TENGAH (Independensi.com) Bandara Gebe di Halmahera Tengah yang merupakan Satuan Pelayanan dari Unit Penyelenggara Bandar Udara Sultan Babullah Ternate, terus berbenah.

Dalam waktu dekat, Bandara yang berada di Pulau Gebe akan dilakukan pengerjaan pelapisan dengan hotmix mulai landasan, taxiway, apron hingga jalan masuk ke bandara yang akan di bangun ke arah terminal yang baru.

Kepala Satuan Pelayanan Bandara Gebe, Omar Ricardo Baay menjelaskan, landasan Gebe memiliki panjang 900 meter dan lebar 30 meter. Nanti yang akan dilapisi 900 meter x 23 meter. Juga taxiway dan apron.

Dana yang dianggarkan untuk pengerjaan hotmix runway, taxiway dan appron sekitar Rp 14 miliar dan untuk jalan masuk baru dari jalan nasional ke terminal baru sekitar Rp 1,9 miliar.

Ditambah lagi dengan bangunan untuk genset beserta gensetnya dengan kapasitas 25 KVA dan jaringannya dengan anggaran Rp 900 juta.

Bandara Gebe saat ini dilayani oleh maskapai penerbangan Susi Air yang melayani Ternate-Gebe sebanyak 5 kali dalam seminggu dan Gebe-Sorong 1 kali seminggu

Jumlah penumpangnya juga dari waktu ke waktu terus meningkat. Total penumpang yang datang ke Gebe pada tahun 2017 sebanyak 2.049 dengan perincian 1.923 dewasa, 61 anak dan 65 bayi. Tahun2018 meningkat menjadi 2.785 dengan perincian 2.616 penumpang dewasa, 85 anak dan 81 bayi.

Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara Sultan Babullah Chairul Humam mengatakan pihaknya sudah engajukan ke Ditjen Perhubungan Udara agar atatus Bandara Gebe ditingkatkan statusnya dari Satpel menjadi UPBU.

Dengan peningkatan status nantinya Bandara Gebe bisa mengajukan dan mengelola anggarannya sendiri. “Ini akan mempercepat pembangunan dan pengembagan Bandara Gebe,” kata Humam. (hpr)