Kemenhub Akan Bangun Jalur KA ke Bandung dari Sukabumi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan membangun jalur kereta api (KA) ke Bandung dari Sukabumi. Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan jalur KA ini untuk mendorong masyarakat Sukabumi dalam membangun daerah-daerah yang dapat menjadi destinasi wisata di Sukabumi.

Budi menilai jika hal tersebut dilakukan maka akan menambah peluang kesempatan kerja bagi masyarakat Sukabumi. “Kalau dulu orang Jakarta ke Bandung saja, nanti kalau sudah siap pasti bisa ke Sukabumi. Bangunlah vila tempat-tempat menarik sehingga begitu infrastruktur jadi ini bisa jadi destinasi wisata,” katanya, Jumat (5/4/2019).

Selain itu, Budi memastikan Kemenhub juga akan mengembangkan Pelabuhan Cisolok dan  Bandara Sukabumi. Terkait bandara tersebut, Budi mengatakan saat ini masih menunggu usulan penetapan lokasi pengadaan tanah Bandara dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat.

Budi menjelaskan bandara masih menjadi otoritas pemeritah daerah provinsi. “Penetapan lokasi pengadaan tanah bandara baru dikeluarkan, akan kita keluarkan rekomendasi setelah itu baru pembebasan tanah,” jelas Budi.

Untuk itu, Budi meminta dukungan Pemerintah Kabupaten Sukabumi agar saat pembebasan tanah, harga tanah ganti rugi masih terjangkau. Dia menjanjikan pemerintah pusat juga akan membantu pemerintah daerah dalam hal pembebasan tanah.