Suasana kampanye Prabowo-Sandi di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (7/4/2019). (Istimewa)

Kampanye Prabowo-Sandi Kondusif, Masyarakat Olahraga Dukung Jokowi-Amin

JAKARTA (IndependensI.com) – Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno menggelar kampanye akbar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Minggu (7/4/2019). Suasana kampanye berlangsung tertib dan kondusif. Diperkirakan massa yang hadir mencapai 150.000. Adapun angka tersebut adalah kalkulasi kapasitas tribun yang maksimal bisa menampung sekitar 80.000 orang. Ini ditambah massa yang memenuhi lapangan dan luar stadion.

Seiring banyak massa yang menghadiri kampanye, pengendara memarkirkan kendaraannya di badan jalan Jalan Gerbang Pemuda, Jakarta Pusat. Berdasarkan pantauan, ratusan ribu massa itu datang dengan menumpang kendaraan roda dua, roda empat, hingga bus. Kendaraan yang membawa rombongan kampanye itu terparkir di jalan sampai ke flyover Senayan. Akibatnya, jalan yang mengarah ke Palmerah tertutup dan hanya jalur ke Slipi maupun Semanggi yang masih bisa digunakan.

Sekitar pukul 09.30 WIB, massa kampanye mulai membubarkan diri dan keluar dari Gerbang Pemuda GBK. Mereka kebanyakan menggunakan baju putih-putih. Ada juga yang bertuliskan Prabowo-Sandi. Serta atribut partai seperti bendera Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Gerindra.

Seperti dikutip dari Antara, massa pendukung telah tiba di SUGBK sejak dini hari untuk mengikuti rangkaian acara yang digelar sejak pukul 03.00 WIB. Tampak hadir dalam shalat berjamaah ini Prabowo Subianto, dan calon wakilnya Sandiaga Uno, Zulkifli Hasan, sejumlah ulama besar dan tokoh Islam lainnya, termasuk pedangdut Rhoma Irama. Selain shalat berjamaah, juga dilantunkan zikir dan doa bersama, sholawat badar, dan sholawat nabi bergema di SUGBK sebelum kampanye akbar berlangsung pukul 07.30 WIB.

Silih berganti zikir, doa dan sholawat dilantunkan, termasuk orasi yang disampaikan oleh sejumlah tokoh agama mulai dari Habib Syekh Bin Abdulqodir Assegaf (dzikir), KH Syuqron Makmun (tausiah), Habib Hanif (orasi). Hadir juga Ustadz Bakhtiar Nasir yang menyampaikan orasi dan doanya untuk pasangan Prabowo-Sandi.

Komunitas Olahraga

Sementara itu calon presiden nomor urut 01, Joko Widodo (Joko Widodo) – Ma’ruf Amin menghadiri acara Deklarasi Komunitas Olahraga Bersatu, Pemuda Influencer dan Disabilitas di ICE Bumi Serpong Damai (BSD), Kota Tangerang, Banten. Jokowi beserta rombongan tiba di lokasi acara usai melakukan kampanye terbuka di Alun-alun Kota Tangerang bersama Ma’ruf Amin. Deklarasi tersebut dipimpin oleh Ketua Dewan Penasehat Komunitas Olahraga Bersatu Raja Sapta Oktohari dan Ketua Pelaksana Deklarasi Richard Sam Bera.

“Dengan ini kami menyatakan dukungan kepada calon presiden Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin,” kata Raja Sapta Oktohari. Diketahui, tokoh nasional yang menghadiri acara deklarasi tersebut adalah Luhut Binsar Pandjaitan, Imam Nahrawi, Erick Thohir, Ida Fauziyah, Yenny Wahid, Moeldoko, Agum Gumelar serta tokoh lainnya. Acara diisi dengan hiburan tarian modern serta penampilan beberapa atlet bela diri antara lain karate dan wushu.