Mendagri : Indonesia Berhasil Membangun Peradaban Dalam Negeri

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, Indonesia dinilai sukses membangun peradaban demokrasi. Hal ini tak lepas dari keberhasilan melaksanakan pemilihan umum gabungan sehingga menghemat waktu, biaya, dan tenaga.

Sebagai salah satu negara demokrasi terbesar di dunia, lanjut Tjahjo, Indonesia mampu mengelola sumber daya manusia dengan baik. Tingkat partisipasi masyarakat sangat tinggi dalam menggunakan hak suara pada pemilihan umum kali ini.

“Kita harus bangga, Indonesia menjadi teladan bagi negara-negara di seluruh dunia dalam membangun peradaban demokrasi yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 karena mampu menyelenggarakan Pileg dan Pilpres secara serentak,” katanya, dalam siaran pers, Minggu (14/4/2019),

Sebagai negara demokrasi yang mampu menyenggarakan salah satu Pemilu terbesar di dunia, masyarakatnya harus didorong untuk berpartisipasi aktif. Sebab itu menjadi indikator kesuksesan Pemilu. Untuk itu, Tjahjo mengajak masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada 17 April 2019.

Pihaknya mengajak semua pihak saling mengingatkan dengan bahasa yang sopan dan santun kepada seluruh warga masyarakat di sekitar lingkungan tempat tinggal masing-masing. “Ajak keluarga,  saudara, kerabat dan tetangga dengan penuh kekeluargaan, bersuka ria, gembira, ceria dan bahagia. Ayo berbondong-bondong datanglah ke TPS pada Rabu 17 April 2019,” imbuhnya.