KMP. Windu Karsa Dwitya dan KMP. Virgo 18 mengalami senggolan di Pelabuhan Merak. Satu orang awak kapal hilang dan sedang dalam pencarian

Dua Kapal Senggolan di Pelabuhan Merak, Satu Awak Kapal Hilang

Loading

MERAK (Independensi.com) –Dua kapal penyeberangan yaitu KMP. Windu Karsa Dwitya dan KMP. Virgo 18 mengalami musibah senggolan di luar Break Water Penyeberangan Pelabuhan Merak Banten, Senin (22/4) kemarin.

Kepala Kantor KSOP Kelas I Banten, Herwanto menjelaskan, peristiwa tersebut terjadi ketika Kapal Motor Penumpang Windu Karsa Dwitya yang baru saja lepas sandar dari Dermaga satu bersenggolan dengan KMP Virgo 18 di sekitar luar break water depan dermaga 5 dan 7 Pelabuhan Merak Banten.

Akibat musibah tersebut, terjadi kerusakan pada KMP. Virgo 18 yaitu lambung palka atas kanan mengalami robek. Sedangkan KMP.Windu Karsa Dwitya mengalami kerusakan pada anjungan sebelah kanan hancur karena tertabrak palka atas KMP.Virgo 18.

Pada kejadian tersebut, seluruh penumpang kapal dipastikan selamat dan 1 (satu) orang awak kapal Mualim I dari KMP Windu Karsa Dwita terjatuh ke laut yang hingga kini masih dalam proses pencarian.

Menurut Herwanto, saat ini Kantor KSOP Banten telah berkoordinasi dengan pihak terkait seperti Basarnas dan PT ASDP Indonesia Ferry serta mengerahkan dua kapal patroli yaitu KNP. 372 dan KNP. 530 untuk membantu penanganan musibah tersebut.

Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten mengerahkan dua unit kapal patroli KPLP yaitu KNP. 372 dan KNP. 530 untuk membantu proses penanganan musibah senggolan.

“Hingga saat ini, proses evakuasi masih dilakukan oleh Tim SAR dibantu petugas dari KSOP Banten dan PT. ASDP Merak,” ujar Herwanto.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah turun ke lapangan untuk menyelidiki penyebab terjadi musibah tersebut. (hpr)