Ruas Tol Pandaan –Malang Sepanjang 30 km Besok Diresmikan

MALANG (IndependensI.cm) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan lokasi  persiapan peresmian ruas tol Pandaan-Malang,seksi I-III sepanjang 30 km di pintu gerbang Tol Singosari, Malang, Jawa Timur, Minggu (12/05/2019) .

foto Andika (Birkompu)

Menteri Basuki mengatakan, Ruas Tol Pandaan – Malang akan  diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari Senin 12 April 2019, besok. ” Ini yang sangat ditunggu sekali oleh masyarakat makanya kita tercepat untuk bisa dimanfaatkan ” lanjut Basuki

“Tol Pandaan-Malang terbagi dalam  5 seksi  ruas tol dengan total panjang 38 km. Seksi I meliputi Pandaan-Purwodadi sepanjang 15 km, Seksi II Purwodadi-Lawang sepanjang 8 km, Seksi III Lawang-Singosari sepanjang 7 km.” urai Basuki.

Sementara untuk ruas tol seksi IV Singosari-Pakis sepanjang 4 km, dan Seksi V Pakis-Malang sepanjang 4 km, masih terus dikerjakan mudah- mudahan November tahun ini bisa selesai” bahkan bisa lebih cepat”, tegas Basuki.

Untuk ruas tol seksi 4 dan seksi 5 sepanjang kurang lebih 7 KM “nanti itu nggak perlu diresmikan lagi begitu selesai langsung operasi” pungkas Basuki.

Jalan tol yang menjadi bagian dari Jalan Tol Surabaya-Malang ini juga memiliki pemandangan alam yang indah di kanan kiri jalan. Sebab, di rest areanya berhadapan langsung dengan Gunung Semeru di sisi timur, Gunung Arjuna sisi barat, Gunung Kawi di sisi barat daya, dan ditambah Gunung Penanggungan.

Pembangunan dilakukan PT Jasamarga Pandaan-Malang dengan investasi sebesar Rp 5,9 triliun. Adapun nilai konstruksi sebesar Rp 3,7 triliun dikerjakan oleh PT Pembangunan Perumahan (PP).

Jalan Tol ini diharapkan akan menjadi bagian vital arus mobilisasi orang serta barang antara Surabaya dan Malang yang banyak memiliki tempat wisata.