Polisi Amankan 441 Terduga Perusuh Aksi 22 Mei

JAKARTA (IndependensI.com) – Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigadir Jenderal Pol Dedi Prasetyo mengatakan, polisi terus mencari para terduga perusuh Aksi 22 Mei. Hingga hari ini Jumat (24/5/2019), polisi telah mengamankan sebanyak 441 terduga perusuh terkait kericuhan di beberapa wilayah di Jakarta.

Dedi melanjutkan, saat ini pihaknya masih terus melakukan pemeriksaan intensif terhadap para terduga perusuh. “Saat ini sudah 441 terduga pelaku perusuh yang sudah diamankan oleh kepolisian dan saat ini masih dalam proses pemeriksaan,” katanya di Gedung Humas Mabes Polri Jakarta Selatan, Kamis (23/5/2019).

Dedi mengatakan, status dari masing-masing terduga pelaku sedang didalami penyidik Polda Metro Jaya. Penyidik tengah mendalami peran dari masing-masing pelaku hingga mengungkap aktor intelektual kerusuhan tersebut.

“Diklasifikasi dan dipilah-pilah siapa yang sebagai pelaku lapangan, siapa sebagai operator atau koordinator lapangan dan sampai dengan aktor intelektual di balik kerusuhan tersebut,” ujarnya.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian membentuk tim investigasi untuk menelusuri kerusuhan Aksi 22 Mei. Tim investigasi dibentuk bekerja sama antara Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Polri bersama dengan Komnas HAM, Impersial dan Setara Institute.

Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan, investigasi akan dilakukan dengan detail dan penuh kehati-hatian. Berbagai macam alat bukti di lapangan akan dikumpulkan untuk mengetahui peristiwa tersebut secara lengkap.

“Melakukan pemeriksaan menyangkut peristiwa. Baru dibentuk, nanti rapatnya untuk tindak lanjut langkah ke depan,” ujarnya. (dny)