Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi

Menhub : Tidak Mudah Undang Maskapai Asing

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya masih terus mengkaji usulan Presiden joko Widodo yang meminta maskapai asing ikut berkompetisi di industri penerbangan domestik. Wacana ini untuk menurunkan tingginya harga tiket pesawat yang dirisaukan masyarakat hingga hari ini.

Menhub melanjutkan, sejatinya saran tersebut memang baik untuk menciptakan iklim bisnis penerbangan di industri permaskapaian. Namun, masuknya perusahaan asing juga menurutnya tidak mudah untuk dilakukan.

“Itu saran yang baik dari Presiden. Segala bisnis jika dilakukan dengan kompetisi maka timbul keseimbangan demand dan supply, jadi berimbang. Ide baik ini akan kita kaji,” tuturnya di Jakarta, Senin (3/6/2019).

Dia menjelaskan, masuknya perusahaan asing juga harus mempertimbangkan asas cabotage yakni asas kedaulatan negara dimana mayoritas sahamnya harus dimiliki oleh perusahaan Indonesia.

“Kita tahu apabila perusahaan asing masuk ke Indonesia harus memenuhi asas cabotage, di mana perusahaan asing harus bekerja sama dengan perusahaan Indonesia. Jadi tentu kita tidak mudah menerima perusahaan asing, apalagi udara ini membutuhkan kualifikasi yang baik,” ujarnya.

“Jadi kami sedang mengkaji dan kami akan melaporkan kepada Bapak Presiden sebelum menetapkan apa yang akan dilakukan,” tuturnya. (dny)