Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi

Menhub : Wacana Maskapai Asing Masuk Indonesia Harusnya Ciptakan Perubahan

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, rencana mendatangkan maskapai asing beroperasi di Indonesia, seharusnya membuat maskapai dalam negeri yang sudah beroperasi lama melakukan perubahan, sehingga menciptakan tarif yang seimbang.

“Saya masih menaruh harapan bahwa maskapai yang ada melakukan reformasi lah, supaya ada keseimbangan harga, supply demand,” kata Budi, di Kantor Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin (10/6/2019).

Menurutnya, jika perubahan telah dilakukan dan keseimbangan terjadi, maka masyarakat akan tetap mengandalkan maskapai dalam negeri. Dia pun belum bisa memastikan, keefektifan maskapai luar negeri. “Sehingga maskapai asing second alternatif. Efektif atau tidak tergantung kesiapan mereka sendiri,” ujar Budi.

Budi mengungkapkan, maskapai dalam negeri sesungguhnya sudah mengalami pengalaman, sehingga tinggal melakukan perbaikan. Terkait dengan rencana membuka peluang maskapai asing, akan menyeimbangkan suplai dan dengan kebutuhan sehingga akan membawa dampak pada penurunan harga tiket pesawat.

“Kalau bicara demand supply apa spirit Pak Presiden demand supply kalau makin seimbang maka harga itu akan diperoleh equilibrium. Demand supply bisa dilakukan yang ada sendiri, memberikan supply lebih baik pasti ada satu koreksi,” tuturnya. (dan)