Presiden AFF Khiev Sameth

ASEAN Ingin Gelar Piala Dunia 2034

JAKARTA (IndependensI.com) – Persatuan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) ingin menjadi tuan rumah putaran final Piala Dunia 2034. Federasi Sepakbola ASEAN (AFF) mendukung rencana tersebut.

“Federasi Sepakbola ASEAN menyambut baik pernyataan para pemimpin politik di kawasan ini. Kami semua sepakat mendukung pencalonan ASEAN sebagai tuan rumah Piala Dunia FIFA 2034,” kata Presiden AFF Khiev Sameth, Senin (24/6/2019).

“Sebagai organisasi, yang secara bersama merupakan pemilik ekonomi terbesar ketiga di Asia dan ketujuh di dunia, ASEAN punya potensi menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA. Turnamen ini bisa memberikan manfaat ekonomi dan olahraga untuk kawasan ini. Penyelenggaraan bersama juga akan memperkuat persatuan di antara sekitar 640 juta orang rakyatnya,” ujar Sameth.

Keinginan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2034 disampaikan Ketua ASEAN Prayuth Chan o-cha. Perdana Menteri Thailand itu mengatakan 10 negara anggota sepakat mengajukan diri sebagai tuan rumah bersama. Ide ini tercetus dalam KTT ke-34 ASEAN yang berlangsung di Thailand.

“Saya mengumumkan kepada rakyat ASEAN bahwa para pemimpin ASEAN sama-sama ingin menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia FIFA 2034,” kata Prayuth.

Gagasan tuan rumah bersama Piala Dunia pertama kali diajukan Jepang dan Korea Selatan. Kedua negara itu sukses melaksanakannya pada 2002. Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko akan menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2026. Pada 2022, Asia kembali menjadi tuan rumah dengan penyelenggaraan di Qatar.

“AFF akan membahasnya dengan semua stakeholder untuk mengkaji kemungkinan enjadi tuan rumah. Kami juga ingin memenuhi persyaratan minimal sebagai penyelenggara serta membahas lini masa dan pertimbangan lain,” kata Sameth.