Pengamat Pendidikan : Sistem Zonasi Hilangkan Kastaisasi Favoritisme

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Pengamat pendidikan, Yudhistira Massardi saat menjadi narasumber dalam sebuah acara di salah satu stasiun televisi swasta mengungkapkan beberapa tujuan dari pemerintah menerapkan sistem zonasi pada Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB).

Menurutnya tujuan pemerintah menerapkan sistem zonasi pada PPDB yaitu pertama untuk menghilangkan tradisi bahwa hanya kalangan tertentu saja yang anaknya bisa diterima di sekolah favorit.

“Munculnya kebijakan sistem zonasi ini tujuannya yang pertama adalah untuk menghilangkan kastaisasi sekolah favorit dimana selama ini menimbulkan kecemburuan sosial bahwa yang selama ini bisa masuk ke sekolah favorit adalah golongan tertentu saja,”jelasnya.

Yang kedua adalah untuk memberikan akses dan keadilan terhadap pendidikan bagi semua kalangan masyarakat, termasuk pemerataan bagi sekolah-sekolah yang dianggap sebagai sekolah favorit.

“Supaya warga mendapat prioritas utama untuk masuk ke sekolah tersebut. Karena sebelum sistem zonasi ini diterapkan banyak sekolah favorit yang peserta didiknya dari luar wilayah lain, bukan warga sekitar sekolah tersebut,” paparnya.

Sebelum memberlakujan sistem zonasi PPDB ,Kementerian Pendidikan terlebih dahulu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah -sekolah yang kualitasnya kurang sehingga setelah kualitas sekolah merata baru diberlakukan sistem zonasi.

Dengan berbasis zonasi Kementerian Pendidikan memiliki peta masalah yang harus diselesaikan dengan segera. (Chs)