Suasana diskusi dan workshop pada program Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera (KBADS) di Tegalrejo Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kegiatan ini diikuti oleh 86 orang Duta KBADS dan diikuti juga Pemerintah Daerah Gunung Kidul, peserta KBA seluruh pulau Jawa dan wisatawan umum yang berjumlah 10 orang. (Istimewa)

YPA-MDR Bentuk Desa Sejahtera

JAKARTA (IndependensI.com) – Sebagai bentuk nyata komitmen untuk memajukan wilayah Prasejahtera menuju Desa Sejahtera, Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA-MDR) mendukung Program Forum dan Kunjungan Kampung Berseri Astra dan Desa Sejahtera (KBADS). Kegiatan ini berlangsung pada 6-8 April 2019 di Desa Tegalrejo, Gedangsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

“Hadir sejak 2007 di Kabupaten Gunungkidul yang menjadi salah satu lokasi KBADS, PT. Astra International Tbk melalui YPA-MDR merintis dan membina SDN Candi, SDN Tengklik, SDN Prengguk 1, SDN Prengguk 2, SDN Gupit, SDN Tegalrejo, SMPN 2 Gedangsari dan SMKN 2 Gedangsari dengan konsep sekolah eskalator. Peran serta YPA-MDR yang turut aktif memajukan pendidikan di wilayah ini merupakan bentuk kontribusi kami menciptakan generasi muda yang unggul,” ujar Ketua Pengurus YPA-MDR Herawati Prasetyo melalui rilisnya, Senin (8/4/2019).

Selama memberikan pembinaan empat pilar yaitu Akademi, Senibudaya, Karakter dan Kecakapan Hidup, sekolah binaan YPA-MDR telah menorehkan berbagai prestasi gemilang seperti di Tingkat Nasional meraih Juara 1 Lomba Guru Produktif oleh SMKN 2 Gedangsari. Pada Tingkat Propinsi meraih Juara 1 Lomba Design Batik oleh SMKN 2 Gedangsari dan SDN Tegalrejo meraih Juara 2 Lomba Batik. Untuk Tingkat Kabupaten meraih Juara 1 Lomba Pencak Silat oleh SDN Prengguk 2 dan Juara 1 Lomba Tari FLS2N oleh SDN Candi.

Kurun waktu hampir 12 tahun YPA-MDR telah melahirkan Sekolah Unggul yang menuju pada Sekolah Berwawasan Global yang diwujudkan dengan sekolah berbasis Information Communication Technology (ICT) di SMKN 2 Gedansgari dan SDN Candi, sekolah bersertifikasi ISO 9001:2015 di SMKN 2 Gedangsari dan SDN Prengguk1, program Guru dalam Forum International yaitu Training for Educator di India, dan juga program volunteer dari Dejavato.

Terkait sekolah binaan YPA-MDR untuk menunjang program Kampung Berseri Astra & Desa Sejahtera (KBADS), yayasan ini telah mempersiapkan Komite Sekolah yang tergabung dalam Forum Paguyuban Komite Sekolah. Kelompok ini dilatih dan dibina dengan program kewirausahaan. Selain itu, YPA-MDR juga melakukan program Teaching Factory bagi lulusan SMKN 2 Gedangsari menjadi calon-calon Usaha Kecil & Menengah (UKM) bidang tata busana. Melalui program pembinaan pendidikan yang dilakukan oleh YPA-MDR, diharapkan berdampak positif pada pemberdayaan masyarakat menuju ekonomi kerakyatan.

Saat ini Astra telah melakukan pengembangan KBADS di 78 Kampung dan 363 Desa Sejahtera di seluruh Provinsi di Indonesia. Di Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur terdapat 10 KBA dan 23 Desa Sejahtera binaan Grup Astra dan Yayasan Astra. Sejak Tahun 2017 Astra konsisten melaksanakan Forum dan Kunjungan KBA dalam rangka mempertemukan antar KBA di wilayah pulau tersebut agar dapat saling berbagi program satu sama lain serta memberikan peluang kepada masyarakat umum untuk mengenal dan turut serta dalam aktivitas di KBA.

Pelaksanaan Forum dan Kunjungan KBA Wilayah Jawa Tahun 2019 ini dilaksanakan di KBA Tegalrejo Gedangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta yang merupakan binaan dari PT. Astra International Tbk dan YPAMDR. Kegiatan ini diikuti oleh 86 orang local champion/ Duta KBADS dan perwakilan wilayah Grup Astra. Kegiatan ini juga diikuti oleh Pemerintah Daerah Gunung Kidul, peserta KBA seluruh pulau Jawa dan wisatawan umum yang berjumlah 10 orang.

Dukungan KBA Tegalrejo, Gedangsari sebagai kawasan wisata juga diberikan Kementerian Pariwisata RI yang turut hadir dan memberikan sosialisasi mengenai homestay kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) di seluruh Kecamatan Gedangsari. Berbagai kegiatan Workshop potensi lokal yang dilakukan dalam Forum dan Kunjungan KBADS antara lain workshop membatik untuk peserta pilar lingkungan, workshop membuat olahan gedang (pisang) untuk peserta pilar kewirausahaan, kunjungan ke PAUD dan sekolah binaan SMKN 2 Gedangsari untuk membatik para peserta pilar kewirausahaan, tes IVA (kanker serviks) dan Workshop membuat jamu tradisional untuk pilar kesehatan.

Selain workshop peserta akan berkunjung ke daerah dataran tinggi di Gedangsari yaitu Alas Sobo untuk melakukan penanaman tanaman buah langka, dilanjutkan dengan mengikuti pasar rakyat, permainan tradisional dan menikmati makan malam kendurian di hutan sambil menyaksikan fashion show busana batik yang merupakan hasil kreasi siswa-siswi binaan SMKN 2 Gedangsari. Mereka juga diberikan pembekalan capacity building untuk para peserta yang disampaikan oleh para ahli baik dari bidang akademisi maupun praktisi.

Muatan materi capacity building mencakup metode dan media pembelajaran di PAUD, pemahaman penyakit menular dan tidak menular dan penggunaan E-Posyandu, pembelajaran keanekaragaman hayati dan kesadaran menjaga lingkungan, serta pembelajaran terkait packaging dan digital marketing.

Program Forum dan Kunjungan KBADS ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan dan kompetensi para local champion/Duta KBADS dalam melakukan pengembangan dan pemberdayaan masyarakat, menjadi ruang bagi peserta untuk saling berbagi pengalaman, masukan dan inspirasi yang nantinya akan memperkuat dan meningkatkan kualitas program KBA di masing-masing wilayah serta mampu melakukan langkah-langkah teknis untuk mempercepat keberhasilan program KBADS di masing-masing wilayah.