Apkasi Dorong Kabupaten Lakukan Publik Expose Untuk Kejar Ketertinggalan Sektor Pariwisata

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) sukses menggelar Otonomi Expo 2019 yang digelar pada 3-5 Juli 2019 di JCC Jakarta.

Salah satu aktifitas yang menonjol ialah diadakannya Workshop Pariwisata. Dengan mengangkat tema pengembangan industri pariwisata daerah.

“Apkasi menyatakan keseriusannya mendorong anggotanya untuk membangun industri sektor pariwisata di daerah masing-masing,” kata Ketua Bidang Humas dan Promosi Daerah Apkasi Yusuf Lubis.

Yusuf Lubis yang juga Bupati Pasaman mengatakan, para bupati/walikota harus mampu mengelola sektor pariwisata secara profesional, efektif, dan efisien, dengan tujuan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan, menjadi tuan rumah yang baik dan akhirnya berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat serta menarik bagi investor untuk berinvestasi.

Sebagai langkah nyata, Apkasi yang memiliki fungsi fasilitasi, mediasi dan advokasi bagi para anggotanya, berencana untuk melanjutkan workshop pariwisata ini dengan menggelar public expose bagi kabupaten-kabupaten yang memiliki komitmen tinggi pada perkembangan pariwisata daerahnya.

Kegiatan public expose merupakan publikasi dan promosi agar bisa lebih muncul kepermukaan melalui pemberitaan yang massif kepada masyarakat luas melalui media massa serta penggiat media sosial.

“Diharapkan public expose akan berdampak positif bagi Kabupaten bersangkutan, dimana sektor pariwisata terpublikasi secara luas dan teredukasi oleh publik lokal maupun internasional.

Termasuk juga mendorong tumbuhnya para start up dari kalangan muda melalui jaringan e-commerce sehingga akan berdampak pada tumbuhnya ekonomi masyarakat setempat, serta akhirnya menarik bagi investor untuk berinvestasi,” kata Yusuf Lubis.

Selain itu, tambah Yusuf Lubis, kegiatan public expose juga diharapkan akan memicu dampak positif bagi kabupaten yang belum medapat kesempatan tampil pada public expose agar mampu berbenah dan mengejar ketertinggalan dalam mengembangkan sektor pariwisata.

Kabupaten lain yang kemudian mampu meningkatkan sektor pariwisatanya, akan difasilitasi oleh Apkasi untuk tampil dalam kegiatan public expose berikutnya. Apkasi sendiri beranggotakan 416 kabupaten. (hpr)