Wakil Jaksa Agung Arminsyah (tengah) saat membuka Pameran Inovasi Adhyaksa Law Festival dalam rangka HBA ke-59

Wakil Jaksa Agung: Jajaran Kejaksaan Harus Senantiasa Kembangkan 3K

Loading

Jakarta (Independensi.com)
Wakil Jaksa Agung Arminsyah meminta jajarannya untuk senantiasa mengembangkan kemampuan, kompetensi, dan kapabilitas atau 3K guna menjadi insan Adhyaksa yang lebih kreatif dan inovatif.

Selain itu, kata dia, jajarannya harus siap mengaktualisasikan berbagai strategi dan lompatan pemikiran baru dan terobosan dalam mengatasi setiap persoalan dan permasalahan.

“Guna menentukan alternatif solusi, jalan keluar pemecahan, dan tujuan akhir pencapaian yang jelas, positif, dan baik,” ucap Arminsyah ketika membuka pameran inovasi Adhyaksa Law Festival (ALF) dalam rangka Hari Bhakti Adhyaksa ke-59 di Badan Diklat Kejaksaan RI, Jakarta, Kamis (18/7/2019).

Arminsyah menyebutkan seruan itu didasari fenomena pesatnya perubahan zaman yang terjadi begitu cepat, tidak terduga, tidak linier, dan juga keluar dari pola tata cara yang mapan.

“Suka atau tidak suka, siap atau tidak siap merupakan realitas yang niscaya harus diterima dan dihadapi,” ujar mantan Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Timur ini.

Disebutkannya fenomena itu pada akhirnya tidak terkecuali mengubah tatanan lanskap ekonomi, sosial, budaya, dan aspek lainnya secara masif, tanpa batas, tanpa terikat ruang dan waktu.

Didasari hal yang demikian, tambah Arminsyah, perubahan tersebut haruslah dipandang sebagai sebuah momentum dan peluang bersama untuk mengubah perspektif, cara berpikir dan cara bersikap.

Terutama, kata dia, dalam merancang, merencanakan, memformulasikan dan menentukan pilihan tindakan atau hal-hal yang dianggap tepat dan memadai.

“Terlebih untuk melakukan sesuatu yang berbeda dari yang pernah dilakukan sebelumnya. Guna merespons berbagai kebutuhan baru yang mendesak sebagai implikasi dari setiap gerak perubahan,” tuturnya.

Dia meyakini pameran inovasi ALF merupakan kesempatan baik yang dapat digunakan sebagai momen untuk memantapkan sekaligus mengukuhkan setiap karsa dan karya nyata Kejaksaan.

“Tidak lain ditujukan untuk menunjukkan kehadiran kejaksaan secara aktual dan ajeg di tengah-tengah masyarakat setiap saat dibutuhkan. Terlebih sumbangsih yang harus kita berikan bersama-sama guna mewujudkan Indonesia Unggul,” katanya.

Pameran inovasi ALF ini diikuti seluruh bidang di lingkungan Kejaksaan Agung, Badiklat Kejaksaan, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta  Banten dan Jawa Barat. (MUJ)