Megawati Tegaskan Tidak ada Istilah Koalisi dan Oposisi

JAKARTA (IndependensI.com) – Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri  menegaskan, dalam system ketatanegaraan Indonesia, tidak mengenal istilah koalisi dan oposisi. Menurutnya, semua pihak harus bersatu membangun bangsa.

“Tidak ada koalisi, tidak ada oposisi di dalam sistem ketatanegaraan kita,” katanya usai bertemu dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto di kediamannya, Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Dia menuturkan, perbedaan dalam sikap politik itu biasa saja. Dirinya pun mempersilakan. “Tapi kalau berbeda hanya karena pilihan. Itu ya monggo (silakan) saja,” ungkap Megawati.

Karenanya, masih kata dia, diperlukan dialog untuk membahas dan menyatukan perbedaan. Meskipun, lanjut Megawati, untuk membicarakan ini, semuanya berada di tangan Presiden Jokowi.

“Yang namanya dialog itu diperlukan. Tapi saya bilang bahwa, semuanya adalah keputusan nanti Presiden terpilih. Karena pada beliaulah hak prerogatif itu. Bukan pada saya. Kalau menyampaikan usul, saran, saya bisa sampaikan. Begitu juga dari teman-teman yang lain,” ujarnya. (dan)