Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati

Sri Mulyani : Inflasi Cukup Baik Stabilitas Harga Terjaga

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, mengatakan realisasi inflasi bulan Juli 2019 bisa meningkatkan kepercayaan investor untuk menanamkan modalnya di Indonesia. Menurutnya, inflasi yang terkendali menunjukkan pemerintah mampu menjaga stabilitas harga-harga pangan yang bergejolak.

“Inflasi kita cukup baik, ini juga menegaskan bahwa stabilitas harga tetap bisa terjaga,” kata Sri Mulyani di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat Juli terjadi inflasi sebesar 0,31%. Sementara itu inflasi tahun kalender (year to date) Januari-Juli sebesar 2,36% dan secara tahunan (year on year) 3,32%.

Inflasi yang terkendali dan adanya penurunan suku bunga acuan The Federal Reserve (The Fed/Bank Sentral Amerika Serikat) memberikan angin segar terhadap perusahaan yang selama ini mengalami tekanan.

Tekanan yang dimaksud berasal dari inflasi, suku bunga The Fed yang memberikan dampak terhadap nilai tukar hingga kinerja ekspor. Selain itu, inflasi yang terkendali menjadi momentum perbaikan dan mampu meningkatkan kepercayaan investor terhadap perekonomian nasional.

“Kita berharap dengan adanya momentum kuartal II dengan inflasi baik, stabilitas terjaga dengan adanya The Fed menurunkan suku bunga maka confidence dari consumer dan investor akan meningkat,” ujar Sri Mulyani.

“Kita berharap di semester II mulai dari kuartal III momentum itu akan terlihat. Di dalam ekspor sendiri kita melihat adanya momentum yang positif, dan lingkungan global memberikan positif support terhadap itu,” imbuhnya. (dan)