Menkeu Yakin Konsumsi dan Investasi Tumbuh di Semester II 2019

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani mengaku dirinya optimis terhadap pertumbuhan nilai konsumsi dan investasi pada semester II-2019. Menurutnya, Investasi yang sempat mengalami tekanan tahun lalu diprediksi akan terus naik, hal ini lantaran kondisi dalam negeri yang semakin positif.

“Kita berharap dengan adanya momentum di kuartal II-2019 ini, dengan inflasi tetap baik, stabilitas terjaga dan bahkan dengan adanya ruang dengan the Fed yang nurunin suku bunga maka confident terutama consumer dan investor akan meningkat,” ujarnya di Kantor Kemenkeu, Jakarta, Kamis (1/8/2019).

Kondisi dalam negeri dan pelonggaran kebijakan moneter Amerika Serikat akan memberi angin segar bagi negara-negara berkembang termasuk Indonesia.

“Di domestik faktornya sendiri kita melihat ada momentum yang positif. Dan sekarang dengan adanya lingkungan global juga memberikan positif support terhadap itu. Jadi kita harap di semester kedua nanti momentum ini bisa membawa dampak positif,” jelasnya.

Dia menambahkan, strategi lain membuat investasi naik adalah dengan memaksimalkan peran swasta dan BUMN. Kedua sektor ini harus seimbang dalam menggarap bisnis agar investasi melaju lebih kencang.

“Jadi sekarang ini adalah suatu proses yang cukup natural. Keseimbangan dan juga peranan di antara private dan BUMN itu saya rasa akan terus bisa kita dorong,” imbuhnya. (dan)