Menteri Koordinator bidang Perekonomian, Darmin Nasution

Darmin : Pertumbuhan Ekonomi Kuartal II 2019 Melambat

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengatakan, pertumbuhan ekonomi pada kuartal –II 2019 mengalami perlambatan. Badan Pusat Stastistik (BPS) mencatat pertumbuhan ekonomi Indonesia di kuartal II-2019 sebesar 5,05% year on year (yoy).

“Jadi, betul ada perlambatan di kuartal kedua, tapi walau gak banyak banget lah, tapi itu bukan gejala permanen karena investasi masih naik,” kata Darmin di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Darmin menjelaskan, perlambatan ekonomi terlihat dari kinerja impor tanah air yang mengalami penurunan untuk beberapa bulan terakhir. Hal itu tidak terlepas juga dampak ekonomi dunia.

Bahkan, perlambatan pertumbuhan ekonomi nasional di kuartal II pun sudah biasa setiap tahunnya. Adapun, perlambatan juga terlihat meskipun kinerja investasi mengalami peningkatan.

“Memang biasanya kuartal II paling tinggi turunnya, sebetulnya sudah terlihat sih dari gejala ekonomi dunia ditambah impor kita bukannya naik,” jelas Darmin.

“Kalau impor nggak naik itu ekonominya agak melambat. Memang ada perlambatan ekonomi pada kuartal kedua ini, tapi kalau dari penjelasan kepala BKPM, bulan bulan terakhir ini investasi naik lagi,” tambahnya.

Adapun, upaya yang dilakukan pemerintah demi mendongkrak laju pertumbuhan ekonomi nasional adalah dengan menebar banyak insentif fiskal. “Loh kita sebenarnya, kebijakan2nya sudah keluar; tax holiday, apa, macem-macem. Kita tinggal membuat itu benar-benar membumi,” ujarnya. (dan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *