Presiden dan Ibu Iriana Gelar Kumpul Keluarga Kabinet Kerja

Loading

BOGOR (IndependensI.com) – Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menggelar acara kumpul keluarga para menteri Kabinet Kerja. Acara yang mengusung tema “Solidaritas Tanpa Batas” tersebut dihelat di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu, 4 Agustus 2019.

“Ya ini kan sudah lama, ini rancangan lama, rencana lama. Penginnya tuh kan enam bulan ketemu sekali, atau minimal setahun sekali, tapi ini lima tahun baru sekali,” kata Presiden.

Tak hanya dihadiri para menteri yang kini menjabat, pada acara tersebut tampak hadir juga para mantan menteri Kabinet Kerja seperti Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang sempat menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Selain itu hadir juga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang sempat menjabat sebagai Menteri Sosial.

“Ya semuanya, yang telah ikut bersama-sama bekerja keras untuk pemerintah, untuk negara kita, semuanya kita undang. Intinya, selain 17-an kita ingin ada kumpul bareng untuk memperkuat solidaritas kita,” ujar Presiden.

Acara yang juga merupakan bagian dari rangkaian peringatan ulang tahun ke-74 kemerdekaan Republik Indonesia ini diawali dengan senam bersama pada pukul 08.05 WIB. Senam bersama dipimpin oleh empat instruktur dan diikuti oleh Presiden Joko Widodo, Ibu Iriana, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Ibu Mufidah Jusuf Kalla, serta seluruh keluarga Kabinet Kerja.

Usai senam, para peserta kemudian mengikuti berbagai kegiatan yang biasa dilombakan saat memeriahkan peringatan ulang tahun kemerdekaan. Untuk kategori anak-anak, digelar lomba balap kelereng, dan lomba mengumpulkan bola di arena mandi bola. Untuk kategori remaja, ada lomba makan kerupuk, lomba main bola menggunakan sarung, dan lomba memindahkan bola pingpong dengan paralon.

Sementara untuk kategori ibu-ibu terdapat dua lomba yang digelar, yaitu lomba mencari kacang hijau dalam tepung dan lomba padu padan busana. Adapun untuk kategori bapak-bapak ada lomba balap kelereng, lomba makan kerupuk, dan lomba memindahkan bola pingpong melalui paralon. Terakhir, untuk kategori suami-istri diadakan lomba joget balon berpasangan.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan memenangi lomba makan kerupuk setelah mengalahkan Wakil Presiden Jusuf Kalla, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf, Menteri PPN/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Presiden tampak menggendong cucu pertamanya Jan Ethes Srinarendra saat menyaksikan lomba balap makan kerupuk ini.

Di saat yang bersamaan, Ibu Iriana mengikuti lomba padu padan busana. Dalam lomba tersebut, Ibu Iriana meraih juara pertama usai mendesain kostum ala noni Belanda yang kemudian dipakai oleh Ibu Siti Faridah Pratikno. Sementara Ibu Ratnawati Jonan yang memakai kostum ala penjual jamu tradisional meraih juara kedua. Adapun untuk juara ketiga diraih Ibu Ratna Megawangi Sofyan Djalil yang berdandan ala tentara pejuang zaman dulu.

Acara kemudian ditutup dengan penyerahan hadiah bagi para pemenang, serta pengumuman doorprize seraya diiringi penampilan penyanyi Yuni Shara dan Glenn Fredly. Tak ketinggalan, tampil juga Elek Yo Band yang beranggotakan para Menteri Kabinet Kerja seperti Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Presiden berharap, acara kumpul keluarga ini bisa kembali digelar di masa yang akan datang. Ia juga berharap acara seperti ini bisa semakin mengakrabkan para menteri beserta keluarganya.

“Ya bekerja kita ini bekerja tim, bekerja ini enggak sendiri-sendiri. Menko, ke bawah menteri-menteri, itu kerjanya kerja tim. Jadi semakin akrab beliau-beliau ini, akan semakin memperkuat teamwork yang kita miliki,” tandasnya.