Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani

Tingkatkan Kinerja Investasi dan Eskpor, Sri Mulyani Yakin Ekonomi 2019 Tumbuh 2,5 Persen

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati optimis pertumbuhan ekonomi nasional bakal menyentuh angka 5,2 persen atau sesuai target APBN tahun 2019. Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi kuartal II-2019 yang sebesar 5,05 persen atau melambat dibanding kuartal II-2018 yang sebesar 5,27persen.

“Ya kita tetap sama di kisaran 5,2 persen,” kata Sri Mulyani di komplek Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (5/8/2019).

Sri Mulyani bilang, laju pertumbuhan ekonomi kuartal II-2019 didorong oleh konsumsi rumah tangga dan belanja pemerintah. Dia pun mengaku akan meningkatkan kinerja investasi dan ekspor ke depannya.

“Untuk ekspor tentu berkaitan dengan kondisi global dan kinerja dari ekspor kita masih jauh. Namun dari sisi investasi tentu kita berharap sesudah adanya siklus politik ini di kuartal kedua, maka kuartal ketiga akan mulai pick up,” jelas dia.

Mengenai pertumbuhan investasi di kuartal II-2019, Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini mengaku akan terekam di kuartal III dan IV. “Jadi mungkin nanti akan terekam di kuartal ketiga dan keempat untuk investasi,” katanya. (dan)