Koperasi Indonesia

Koperasi Harus Memiliki Kesiapan dan  Sumber Daya Handal

BEKASI (IndependensI.com)- Keberadaan Koperasi sebagai badan usaha, harus ditingkatkan. Melalui Koperasi, geliat ekonomi masyarakat akan dapat bertahan dan maju. Peran pemerintah harus proaktif dalam pendampingan Koperasi, ujar penggiat Koperasi, Nelson Naibaho, kemarin.

Sebagaimana diketahui, belum lama ini, tiga  Koperasi di Bekasi mendapat penghargaan.
Adapun tiga Koperasi yang meraih penghargaan tingkat nasional,  Ketua Koperasi Wanita Sejahtera Yatty S. Arif Cikunir, dan Ketua Koperasi Simpan Pinjam Makmur Mandiri  Tumbur Naibaho. Dan penghargaan kepada koperasi Wanita Sejahtera sebagai Koperasi Berprestasi 2019.

Atas penghargaan itu, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto mengapresiasi.  “Menjadi motivasi dan inspirasi buat kita bersama atas capaian penghargaan tingkat nasional dan tingkat kota yang diraih Penggerak Koperasi Kota Bekasi. Saya ucapkan banyak terima kasih,” kata Tri Adhianto.

Disebutkan, Koperasi Indonesia harus memiliki kesiapan dan bekal sumber daya yang handal didasari tekad untuk siap berubah dalam menyikapi tantangan kekinian.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM dan BPS tahun 2014, kontribusi koperasi terhadap  pembentukan PDB Nasional sebesar 1.71 persen dan pada tahun 2018 sudah meningkat tajam menjadi 5.1 persen.  Maka, diharapkan agar gerakan koperasi di Indonesia mampu menjawab tantangan zaman dan bersaing dengan pelaku ekonomi lainnya. (adv/humas/jonder sihotang)