Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto resmikan pengoperasian Bus Trans Patriot du dua rute baru.(humas)

Bus Trans Patriot Rute Baru di Kota Bekasi

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pemkot Bekasi, kembali mengoperasikan Bus Trans Patriot. Dalam pengoperasin yang diresmikan, Kamis (22/8/2019),  dua rute baru angkutan massal tersebut  resmi beroperasi.

Kehadiran dua rute baru yang melayani perjalanan Perumahan Vida Bantargebang -Summarecon-Vida dan Wisma Asri-Sumber Arta-Wisma Asri. ini diharapkan dapat  melayani   kebutuhan masyarakat akan  moda transportasi yang efektif dan efisien.

Saat peresmian operasional dua rute baru Trans Patriot  di halte Perumahan Vida, hadir Sekretaris Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Cucu Mulyana, Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto.

Cucu menyatakan bahwa operasional Trans Patriot sejalan dengan tuntutan dinamisnya warga Kota Bekasi dengan mobilitas yang cukup tinggi. Sistem transportasi yang efektif dan efisien untuk melayani kebutuhan masyarakat, sangat dibutuhkan, katanya.

Konsep Bus Rapid Transit seperti Trans Patriot ini bisa menjawab kebutuhan tersebut. “Pastinya kami dari Kementerian Perhubungan, terus mendorong agar masyarakat beralih ke moda angkutan massal seperti ini,” katanya.

Sebanyak 20 bus Trans Patriot yang melayani dua rute baru ini, merupakan hibah Kementerian Perhubungan yang diterima pada Desember 2018. Bus-bus tersebut, sempat mangkrak delapan bulan.

Dengan  dioperasikannya Trans Patriot ini merupakan waktu persiapan BUMD Perusahaan Daerah Mitra Patriot untuk mempersiapkan bersama mitra kerja dari PT Priatman Sarana Abadi selaku operator juga PT Teknologi Rancang Olah Nusantara yang menyiapkan aplikasinya.

Trans Patriot baru dilayani masing-masing tiga armada selama masa sosialisasi. Selama masa sosialisasi juga operator belum mematok tarif.
Namun pada awal September 2019 saat kedua rute sudah dilayani efektif oleh masing-masing sepuluh armada, tarif sebesar Rp 7.000 akan dibebankan kepada penumpang.

Setelah pasar penumpang telah terbentuk, baru diberlakukan tarif variabel  disesuaikan dengan jarak tempuh, kisarannya antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 dan transaksinya nontunai.

Penumpang yang ingin mengakses dua rute baru Trans Patriot ini, harus menyiapkan uang elektronik dengan saldo cukup juga mengunduh aplikasi jika ingin mendapatkan layanan yang menyeluruh semisal mengecek posisi juga waktu tunggu Trans Patriot, kata CEO PT TRON David Santoso.

Wakil Wali Kota Bekasi Tri Adhianto berharap agar Trans Patriot yang merupakan paradigma baru transportasi di Kota Bekasi ini, mendapat respon positif dari warga. Kehadiran Trans Patriot ini merupakan fasilitasi akan kebutuhan masyarakat.

Trans Patriot yang dioperasikan berbasis aplikasi, dan  nantinya akan melayani penumpangnya sesuai permintaan. Istilahnya, konsep “bus on demand”, selama titik penjemputan tidak terlampau jauh dari rute yang ada. (adv/humas/jonder sihotang)