Ilustrasi. Mercedes Benx S600 Guard. (Ist)

Mercedes Benx S600 Guard Resmi Jadi Mobil Dinas Baru Jokowi

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Pemerintah sah akan mengganti mobil lama Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan jenis Mercedes-Benz S600 Guard.

Penggantian unit Mercedes-Benz S600 Guard kepada Mercedes-Benz Indonesia dilakukan melalui penunjukan langsung, bukan memakai sistem tender umum seperti pengadaan mobil menteri dan pejabat setingkat menteri.

Mercedes Benz S 600 Guard tipe terbaru itu akan menggantikan Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard model sebelumnya yang merupakan warisan dari era kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

“Sesuai dengan hasil pengadaan, dari beberapa penyedia yang memasukkan penawaran, Kementerian Sekertariat Negara RI memutuskan Mercedes-Benz Indonesia untuk menyediakan dua unit mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai kendaraan keras VVIP Kepresidenan,” tulis rilis resmi Kementerian Sekertariat Negara RI, dikutip Jumat (23/8), dilansir dari kontan.co.id.

“Sesuai dengan anggaran yang tersedia, pada tahun 2019 mengadakan kendaraan keras VVIP Kepresidenan sebanyak dua unit melalui Sistem Penunjukan Langsung, mengingat diperuntukan bagi pengaman Presidean dan Wakil Presiden,” tulis rilis itu kembali.

Mercedes-Benz S 600 Guard dipilih berdasarkan pertimbangan teknis antara lain faktor keamanan, keandalan dan efisiensi biaya pemeliharaan yang semakian mahal karena usia pemakaian. Sebab mobil yang ada saat ini merupakan tahun pembuatan 2008 dan 2009.

“Mayoritas telah berusia lebih dari 10 tahun, berdasarkan pertimbangan teknis, perlu dilakukan penggantian,” tulis rilis tersebut.