Pelajar Gresik Deklarasi Cinta Bhineka Tunggal Eka

Pemkab Gresik Ajak Pelajar Jaga Bhineka Tunggal Ika

GRESIK (Independensi.com) – Deklarasi Cinta Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gresik beserta Majelis Ulama Indonesia (MUI) serta anggota Forkopimda dan pelajar setempat.

Kegiatan deklarasi yang diprakarsai oleh Polres Gresik itu, dilaksanakan di Halaman Icon Mall Gresik pada Senin (26/8). Disertai dengan acara penandatanganan dukungan, untuk persatuan dan kesatuan negara Indonesia.

Pada deklareasi itu, secara bersama-sama memekikkan kalimat “We Love Papua, Kita Semua bersaudara” dan membacakan 4 butir pokok deklarasi yang berisi kata-kata.

Kami masyarakat Kabupaten Gresik bersama Forkopimda sepakat untuk, menjamin keamanan seluruh pelajar, pekerja dari daerah Papua. Mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia dengan terus meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa.

 

Menjaga dan mengawal Bhinneka Tunggal Ika, dalam bingkai NKRI. Memperkokoh empat pilar bangsa yaitu Pancasila, bhinneka Tunggal Ika, NKRI, dan UUD 1945 Menuju Indonesia Maju.

“Mari kita junjung bhinneka tunggal ika, berbeda-beda tetapi tetap satu Indonesia. Karena kami dan seluruh masyarakat Indonesia darimanapun berasal, sangat sayang dan cinta terhadap rakyat Papua,” kata, Wakil Bupati (Wabu) Gresik, Muchammad Qosim dalam sambutannya.

Untuk itu, Papua harus kembali aman, damai bersama-sama karena kita semua adalah Bangsa Indonesia. Semua satu dan punya hak yang sama tidak adalagi diskriminasi,” ujarnya.

“Kami semua yang ada di Forkopimda siap menjamin keamanan seluruh masyarakat dari daerah Papua yang ada di Gresik,” timpal Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro.

Selain membacakan deklarasi dan semuanya menandatangani deklarasi tersebut, seluruh peserta diajak bersama-sama menyanyikan beberapa lagu wajib. Bahkan beberapa kelompok yang berpakaian ala masyarakat Papua menhgajak semua hadirin untuk menyanyikan lagu daerah Papua Sajojo sambil melaksanakan tarian masal. (Mor)