Pembangunan Ibu Kota Baru Dimulai Pertengahan Tahun 2020

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengatakan, pemerintah menargetkan  peletakan batu pertama atau groundbreaking ibu kota baru pada tahun 2020. Pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur itu rencananya dilakukan dalam tiga tahap.

“Kita akan mulai dan sekarang sudah mulai mudah-mudahan pertengahan tahun depan akan kita bisa mulai groundbreakingnya. Itu target kami,” kata Basuki di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Basuki menjelaskan, pembangunan tahap pertama adalah pembangunan desain ibu kota baru. Termasuk tata letak kementerian di ibu kota baru. “Kita mendesain juga tentang kawasannya setelah kawasannya ditunjuk RTBL nya kayak apa rencana tata bangunan letak-letaknya, di mana DPR-nya di mana istananya di mana kementeriannya di mana perumahannya dimana komersial distriknya,” ungkapnya.

Sedangkan tahap kedua pembangunan sarana dan prasarana. Mulai dari pembangunan jalan hingga drainase air bersih. “Kita membangun prasarana dasarnya. Jalan-jalannya, drainasenya, air bersihnya. Kita akan mulai dan sekarang sudah mulai mudah-mudahan pertengahan tahun depan akan kita bisa mulai groundbreakingnya. Itu target kami,” ucapnya.

Terakhir tahap ketiga pemindahan kementerian-kementerian ke ibu kota baru. Meski begitu, Basuki memahami semua tahapan ini tidak bisa dilakukan jika belum ada payung hukum terkait pemindahan ibu kota.

“Setelah itu baru tahap ketiganya mudah-mudahan bisa dimulai tahun depan,” tandasnya.

Diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berencana memindahkan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Pembangunan tersebut direncanakan selesai 2024 mendatang. (dny)