Suasana tanding balap micro drone di The Breeze Mall, BSD City, Sabtu (31/8/2019). (Dok/Ist)

Kompetisi Micro Drone Untuk Pembinaan

BSD CITY (IndependensI.com) – Menyusul dipertandingkan ajang balap micro drone di Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Kejuaraan Dunia, perhelatan Sinar Mas Land Micro Drone Race Competition 2019 digelar di The Breeze Mal, BSD City, Tangerang, Sabtu (31/8/2019). Salah satu tujuan diselenggarakan kompetisi ini untuk mencari drone pilot yang dipersiapkan turun di ajang drone resmi skala nasional maupun internasional.

“Tujuan kami mengadakan kompetisi ini untuk mencari bibit drone pilot karena sudah dipertandingan di PON maupun Kejuaraan Dunia. Selain itu juga untuk kompetisi lokal dan hobi,” ujar penanggung jawab lomba, Rifky Priyadi dari komunitas Whoop Indo. Dia mengatakan, para peserta yang bertanding sebanyak 45 orang yang datang dari Bandung, Yogyakarta, Semarang, Bogor, dan Jakarta.

Ajang ini mempertandingkan dua kategori, yakni Advance dan Rookie, dimana micro drone berdiameter 65mm terbang mengitari trek yang ada. Micro drone sangat user friendly dimana baling-balingnya terdapat pengaman sehingga bisa dimainkan dalam ruangan dan tidak berbahaya bila terkena anggota tubuh manusia.

Namun demikian, tingkat kesulitan mengontrol micro drone lebih sulit karena rentan dengan hembusan angin. “Menerbangkan micro drone perlu kesabaran dan ketenangan karena sangat ringan dan mudah terpengaruh angin. Dalam kompetisi pun dibutuhkan konsentrasi yang maksimal untuk memenangkan pertandingan,” imbuh Rifky.

Menyoal animo komunitas drone untuk mengikuti balapan ini, Rifky berharap banyak pihak yang mau menggelar kompetisi sejenis. Dengan demikian, olahraga ini semakin banyak penggemarnya dan memunculkan pembalap drone yang andal di masa mendatang. “Saya berharap kompetisi balap drone semakin banyak. Dengan hadiah yang besar dan gratis, pastinya akan memunculkan peminat yang banyak lagi untuk olahraga ini,” kata Rifky.

Sementara itu salah satu peserta, Axel Mario Christopher Lengkong mengatakan, persaingan dalam kompetisi ini sangat ketat dan cukup menantang. Hanya saja dirinya mengaku optimistis bisa bertahan di balapan kali ini. “Persaingannya cukup berat dan menantang walau treknya kecil. Tidak kalah seru dengan versi nasional dan kejuaraan dunia,” kata Axel yang baru saja meraih posisi tiga Drone Impact Challenge 2019 di Yokohama, Jepang.

Lebih jauh Axel mengatakan, diharapkan semakin banyak kompetisi drone di Tanah Air, semakin banyak bermunculan pembalap drone yang menekuni balapan ini. Dia juga mengatakan, balapan micro drone ini memerlukan keterampilan yang mumpuni dan tergantung pada cuaca serta arah angin. “Skill dan cuaca menjadi patokan utama untuk bisa balapan micro drone,” imbuh pelajar kelas 10 SMA Marsudirini Bekasi ini.

Hasil Sinar Mas Land Micro Drone Race Competition 2019:

Kategori Rookie (Pemula)
1. Hargono (Bandung)
2. Wahyudi (Jakarta)
3. Ricardo (Jakarta)
4. Tunggul (Jakarta)

Kategori Advance
1. Rakha Rajendra (Jakarta)
2. Axel Mario (Jakarta)
3. Rambo (Bandung)
4. Ghazi Azizan (Bandung)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *