Presiden Jokowi menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Festival “Gapura Cinta Negeri” yang berasal dari Kabupaten Nduga, Papua, di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9) pagi. (Foto: Jay/Humas)

Jokowi Silaturahmi dengan Pemenang Lomba “Gapura Cinta Negeri” Sambil Ngajak Naik MRT

JAKARTA (Independensi.com) – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersilaturahmi dengan pemenang Lomba Festival “Gapura Cinta Negeri” di Istana di Istana Negara, Jakarta, Senin (2/9) pagi. Mereka terdiri atas 10 pemenang Festival Gapura kategori umum, 3 pemenang kategori lembaga/ instansi/perusahaan/organisasi, serta satu peserta penerima apresiasi.

Sementara perwakilan pemenang dari Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat dan dari Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah menceritakan proses pembuatan gapura.

Dalam kesempatan itu Presiden Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada para pemenang Lomba Festival “Gapura Cinta Negeri”, dan berharap bisa bertemu lagi di tahun depan, saat perayaan Peringatan 75 Tahun Indonesia Merdeka.

“Ini sudah pada pernah naik MRT belum?” tanya Presiden kepada para pemenang  Lomba Festival “Gapura Cinta Negeri”, yang secara spontan mereka jawab: “Sudah.”

“Sudah? Oh ya. Berarti enggak jadi saya ajak. Saya sebenarnya mau ajak naik MRT, tapi karena sudah enggak jadi,” sambung Presiden menyambut jawaban para pemenang Lomba Festival “Gapura Cinta Negeri” itu.

10 Kurator

Sekjen Kementerian Dalam Negeri Hadi Prabowo selaku Ketua Panitia Lomba Festival “Gapura Cinta Negeri” dalam laporannya engatakan, meskipun hanya digelar dalam waktu singkat kurang lebih dua bilan, ada 1.793 gapura yang mendaftar dalam Lomba Festival “Gapura Cinta Negeri” melalui website gapuracintanegeri.com.

“Melalui proses kurasi dan penjurian telah terpilih 10 pemenang Festival Gapura kategori umum, 3 pemenang kategori lembaga/ instansi/perusahaan/organisasi, serta satu peserta penerima apresiasi,” kata Hadi.

Kesepuluh pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori umum adalah: 1. Sriyanta dari Kabupaten Boyolali; 2. Eko Siswanto dari kota Semarang; 3. Moh. Nurrohman dari Kabupaten Rembang; 4. Roni Sintiu dari Kabupaten Batu; 5. Otniel Kayani dari Kabupaten Kepulauan Yapen; 6. Dede Rahmat dari Kabupaten Bandung Barat (pemenang terbaik kategori umum); 7. Arif Rahman dari kota Banjarmasin; 8. Ramsyah dari Kabupaten Kutai Kartanegara; 9. Mahgodie Idris dari Kota Palembang; dan 10. Riyadi dari Kabupaten Magelang.

Sementara itu, tiga pemenang Festival Gapura Cinta Negeri kategori lembaga/ instansi/perusahaan/organisasi adalah: 1. PT Varash Saddan Nusantara dari kota Denpasar; 2. SMA Kristen Barana dari Kabupaten Toraja Utara; dan 3. Pusat Pengelolaan Komplek Gelora Bung Karno dari DKI Jakarta.

Selain itu mempertimbangkan semangat partisipasi masyarakat, panitia memberikan apresiasi khusus kepada peserta dari Nduga, Provinsi Papua, da, juga diumumkan gapura favorit pilihan netizen kepada PT Varash Saddan Nusantara dari Denpasar, Bali.

“Seluruh pemenang Festival Gapura mendapatkan hadiah berupa uang, piagam, dan piala,” kata Hadi Prabowo.

Tampak hadir dalam kesempatan tu antara lain , Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala BEKRAF Triawan Munaf, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Erick Thohir, dan Wishnutama.