Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama tim akreditasi dari Kemenkes RI. (humas)

Tiga Puskesmas Kota Bekasi Diakreditasi Tim Kemenkes

Loading

BEKASI (IndependensI.com)- Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, terus meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masuarakatnya. Salah satu upaya yang dilakukan, dengan meningkatkan beberapa Puskesmas menjadi rumah sakit Type D. Selain itu, upaya peningkatan Puskesmas juga dilakukan.

Terkait hal itu, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi melakukan  kunjungan ke tiga  Puskesmas yang pada hari ini, Rabu (18/9/2019), terakhir kalinya dilakukan penilaian akreditasi dari tim surveior Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Penilaian dilakukan bersama Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi, Tanti Rohilawati, Kepala Bappeda Kota Bekasi, Dinar Faisal Badar, dan Kepala BPKAD Kota Bekasi, Sopandi Budiman.

Ketiga Puskesmas yang dibsambangi yakni, Puskesmas Jaka Mulya, Bekasi Selatan, Puskesmas Bekasi Jaya, Bekasi Timur, dan Puskesmas Kota Baru, Bekasi Barat.

Rahmat Effendi menyambut baik kedatangan tim surveior saat menilai akreditasi dari tiga Puskesmas yang di datanginya. Menurut Wali Kota, akreditasi ini tujuannya untuk mengkoreksi proses sebuah pelayanan yang esensinya ialah kelengkapan administrasi dan akselarasi untuk berhubungan dengan objek yang ada.

Peningkatan status kepemilikan yang berhubungan aset, promotif dan preventif untuk perlengkapan yang akan diusahakan di 56 kelurahan, serta peningkatan rawat inap atau ponev di rumah sakit Type D.

Kota Bekasi pada penilaian akreditasi dari tim Kementerian Kesehatan RI lakukan di delapan Puskesmas untuk Kota Bekasi. Selain untuk pelayanan kesehatan untuk warga usai akreditasi,  ditargetkan dari tiap kelurahan bisa memiliki Puskesmas sebanyak 56 Puskesmas, karena pada saat ini baru 42 Puskesmas yang bediri di Kota Bekasi.

Tetapi untuk rumah sakit Type D sudah ada tiga di kecamatan dan juga memiliki enam gedung untuk RSUD dr Chasbullah Abdulmajid yang tengah berada di Kota Bekasi.

Dari tiga Puskesmas yang didatangi, Rahmat berharap akan sebuah pelayanan khusus untuk Warga Kota Bekasi, juga diharapkan memberikan potensi peningkatan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. (adv/humas/jonder sihotang)