Ilustrasi. (Dok/Ist)

Tontowi/Winny Atasi Duet Malaysia

JAKARTA (IndependensI.com) – Ganda campuran Indonesia, Tontowi Ahmad/Winny Oktavina Kandow berhasil melaju ke babak perempat final China Open 2019 setelah mengatasi unggulan lima asal Malaysia, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying dan menang dalam tiga gim berdurasi 65 menit dengan skor 17-21, 23-21, 21-18, Kamis (19/9/2019).

Seperti dikuti dari Antara, pada gim pertama pertandingan berjalan sangat ketat. Kedua pasangan itu saling susul menyusul poin. Kedudukan keduanya juga sempat imbang beberapa kali. Akan tetapi di poin-poin kritis, Owi/Winny tertinggal dan akhirnya kalah dengan skor 17-21. Lanjut di gim kedua, persaingan antara keduanya semakin ketat. Di awal permainan, Owi/Winny sempat unggul. Namun tak lama kemudian, lawan langsung mengejar dan membalikkan keadaan.

Mendekati poin-poin kritis, kedudukan keduanya kembali imbang berkali-kali. Namun, Owi/Winny berhasil merebut kemenangan dengan skor 23-21.
Pada gim penentu, keduanya sama-sama mengerahkan seluruh kekuatan. Kejar-mengejar skor pun terus terjadi selama pertandingan, tidak jauh berbeda dengan gim pertama maupun gim kedua. Usai reli panjang, drama itu akhirnya dimenangkan oleh Owi/Winny dengan skor 21-18.

Owi/Winny dan Chan/Goh sudah pernah bertemu dua kali di lapangan, yaitu di turnamen All England 2019 dan Indonesia Open 2019. Dari dua pertemuan tersebut, kedudukan keduanya imbang 1-1, atau sama-sama pernah satu kali mengalahkan satu sama lain. Owi/Winny unggul di All England 2019, sedangkan Chan/Goh unggul di turnamen Indonesia Open 2019. Sebelum melangkah ke babak dua China Open 2019, di babak pertama Owi/Winny menaklukkan pasangan Rusia Rodion Alimov/Alina Davletova dalam tiga gim dengan skor 21-13, 16-21, 26-24.

Sementara itu, Indonesia kembali kehilangan wakilnya pada nomor tunggal putra setelah Shesar Hiren Rhustavito kalah oleh Ng Ka Long Angus pada babak kedua. Nomor tunggal putra tinggal menyisakan Anhony Sinisuka Ginting. Shesar harus mengakui keunggulan permainan Angus dengan dua gim langsung 21-10, 21-10 hanya dalam 34 menit, di Olympic Sports Gymnasium Changzhou China. Kekalahan tersebut membuat rekor pertemuan Shesar dengan pemain asal Hong Kong itu menjadi 0-2.

Sebelumnya, tunggal putra Indonesia Tommy Sugiarto sudah lebih dulu tersingkir dari turnamen tersebut setelah dikalahkan pemain peringkat satu dunia Kento Momota dari Jepang. Anthony Sinisuka Ginting, yang akan berhadapan dengan Parupalli Kashyap dari India. Dalam catatan pertemuan keduanya, Ginting lebih unggul dari Kashyap dengan mencatatkan skor kemenangan.