Leo Rolly Carnando dan Daniel Marthin. (Humas PBSI)

Leo/Daniel Tembus Babak Empat Besar

Loading

JAKARTA (Independensi.com) – Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin melaju ke semifinal turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024, setelah mengatasi perlawanan wakil Denmark, Daniel Lundgaard/Mads Vestergaard 21-14, 21-12 di Istora Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Jumat (26/1/2024).

Pada pertandingan ini terlihat peraih medali emas SEA Games 2021 itu mendapat keuntungan dari dukungan fan yang memenuhi Istora Senayan. Terlihat sepanjang laga lawan tertekan sehingga Leo/Daniel mampu tampil menekan.

Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto (Humas PBSI).

Alhasil dengan hal tersebut juara Thailand Masters 2023 itu mampu menuai kemenangan dua gim langsung dalam tempo 36 menit. “Lawan terlihat tertekan dengan gemuruh publik Istora Senayan. Dukungan fan menjadi keuntungan buat kami di laga ini. Kami bermain dengan cukup baik dan menekan lawan sehingga lawan tidak berkutik,” ungkap Daniel.

Dengan hasil ini pasangan berjuluk The Babies itu menjaga asa untuk mempertahankan gelar juara turnamen Daihatsu Indonesia Masters yang diraih tahun lalu. Di babak semifinal Leo/Daniel akan berjumpa sesama wakil Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Pasangan berakronim Fajri itu melangkah ke empat besar seusai mengatasi perlawanan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dengan skor 21-13, 21-12.

Menilik rekor pertemuan, Leo/Daniel tercatat tiga kali menang melawan Fajar/Rian. Pada pertemuan terakhir di final Singapore Open 2022, Leo/Daniel mampu meraih kemenangan melawan juara All England 2023 tersebut dengan skor 9-21, 21-14, 21-16.

“Menghadapi pertandingan semifinal kami sering bertemu dengan Fajar/Rian di latihan. Kami sudah sama-sama tahu. Jadi untuk pertandingan besok kami menilai siapa yang siap nantinya yang akan ke final,” tambah Daniel.

Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjaga harapan sektor ganda putra Indonesia meraih gelar juara turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024 seusai melangkah ke semifinal. Ganda ranking tujuh dunia itu menang melawan rekan satu negaranya, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dengan skor 21-13, 21-12.

Pada pertandingan ini, Fajar/Rian mengaku sudah mengetahui kelebihan dan kelemahan lawan sehingga bisa mengantisipasi serangan lawan dengan baik. Alhasil sepanjang pertandingan juara Malaysia Open dan All England 2023 itu mampu memegang kendali permainan dan menang dua gim langsung dalam tempo 32 menit.

Dengan hasil ini, Fajar/Rian akan berhadapan melawan wakil Indonesia lainnya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin. Kembali menghadapi rekan satu negaranya di semifinal, Fajar/Rian bertekad untuk bisa melangkah ke final. Terlebih peraih medali perak Asian Games 2018 tersebut bertekad untuk bisa memberikan permainan terbaik agar bisa juara untuk menjaga kans ke Olimpiade Paris 2024.

Bermain Taktis

Sementara itu, pebulutangkis Anthony Sinisuka Ginting melangkah ke semifinal turnamen bulutangkis Daihatsu Indonesia Masters 2024 seusai menumbangkan wakil Singapura, Loh Kean Yew 21-17, 21-19.

Anthony Sinisuka Ginting (Humas PBSI)

Pada pertandingan ini terlihat kedua pemain memberikan penampilan terbaik dengan bertarung secara sengit dan seru. Sepanjang pertandingan terjadi kejar mengejar angka sehingga untuk mendapatkan setiap poinnya tidak mudah. Ginting yang bermain taktis akhirnya mampu memegang kendali permainan untuk meraih kemenangan dua gim langsung dalam tempo 53 menit dari juara dunia 2021.

“Pertandingan yang cukup ketat dan menarik karena kedua pemain menampilkan permainan terbaiknya. Tidak mudah untuk mendapatkan poin dan terjadi beberapa kali kejar mengejar angka dan saya mencoba mengadu strategi di lapangan pada laga ini,” ungkap Ginting.

Dengan hasil ini, pemain asal Cimahi itu berhadapan dengan wakil Kanada, Brian Yang di semifinal. Pada pertandingan sebelumnya, juara Canadian International Challenge 2023 itu menang atas wakil Malaysia, Lee Zii Jia yang mengundurkan diri dalam skor 21-14.

Menghadapi tunggal putra ranking 24 dunia, Ginting mengaku tidak mau jemawa dan ingin fokus supaya meraih hasil maksimal. Menilik rekor pertemuan, Ginting tercatat menang tiga kali melawan Brian. Pertemuan terakhir kedua pemain yang mampu dimenangkan Ginting terjadi di 32 besar turnamen Hong Kong Open 2023 dengan skor 21-9, 21-14.

“Brian Yang merupakan pemain yang cukup diwaspadai. Selama turnamen Daihatsu Indonesia Masters 2024 tercatat Brian mengalahkan pemain unggulan,” ujar Ginting. “Setiap pemain punya kans yang sama dan terpenting kami mempersiapkan diri pada setiap pertandingannya. Setelah ini kami mau tampil lebih maksimal lagi di partai semifinal,” ungkap Ginting.