Sisnaker: Layanan Informasi Digital Ketenagakerjaan Indonesia

JAKARTA (IndependensI.com) –  Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Hanif Dhakiri (kanan), Sekretaris Jenderal Kemnaker, Khairul Anwar (kiri), dan Kepala Badan Perencanaan dan Pengembangan Kemnaker, Tri Retno Isnaningsih (tengah) meluncurkan layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan di pusat dan daerah, bernama Sistem Informasi Ketenagakerjaan atau (Sisnaker) di Jakarta, Jumat (27/9). Sisnaker merupakan suatu ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitas bidang ketenagakerjaan, baik di pusat maupun daerah dan sangat penting untuk memastikan agar masyarakat bisa mendapatkan layanan, baik dalam rangka mengakses seluruh layanan yang ada di Kemnaker.

Dalam rangka mensikapi kemajuan teknologi yang menerapkan sistem digitalisasi yang diintegrasikan pada sistem layanan ketenagakerjaan, Kementrian Ketenagakerjaan Republik Indonesia meluncurkan Sisnaker, Sistem Informasi Ketenagakerjaan yang merupakan layanan ketenagakerjaan berbasis elektronik dalam satu domain yakni, www.kemnaker.go.id, Jumat (27/9/2019).

Dalam jaringan Sisnaker ini terdapat 16 layanan terpadu ketenagakerjaan berbasis elektronik, yang terdiri dari 12 layanan teknis ketenagakerjaan dan empat layanan pendukung. Sisnaker adalah suatu ekosistem digital yang menjadi platform bagi segala jenis layanan publik dan aktivitaa bidang ketemagakerjaan di Pusat dan Daerah.

Prinsip interoperabilitas yang diterapkan Sisnaker memungkinkan kerjasama siatem informasi antara Kementrian/lembaga dan pemerintah daerah secara lintas batasan operasional. Selain berimplikasi pada efektifitas dan efisiensi layanan yang ada, Sisnaker juga meningkatkan keterpaduan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi serta pengendalian pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia sebagai satu kesatuan pasar kerja nasional.

Menaker Hanif Dhakiri menghadiri pameran foto jejak kinerja di gedung Kemnaker Jakarta Jumat (27/9/2019).

Dalam peluncuran Sisnaker bersamaan dengan pameran foto bertajuk “Jejak Kinerja Kemnaker”. Hadir dalam kesempatan ini Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri beserta jajarannya dan beberapa menteri terkait, serta undangan dari Kamar Dagang dan Indiutri, Apindo, Serikat Pekerja dan Kepala Dinas Ketenagakerjaan Provinsi. Sedikitnya 45 foto yang menggambarkan capaian kinerja Kemnaker 2014-2019.