Tanggul Bantaran Bengawan Solo di Desa Padangbandung Dukun Gresik Jawa Timur Longsor

Imbas Kemarau Tanggul Desa Pandangbandung Longsor

GRESIK (Independensi.com) – Tanggul yang berada di bantaran aliran bengawan Solo, Desa Padangbandung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik Jawa Timur longsor dan ambles.

Peristiwa itu, membuat warga yang tempat tinggalnya berada diwilayah tersebut cemas. Sebab jika tidak segera diperbaiki, mereka khawatir air sungai akan masuk kepemukiman warga terutama saat musim hujan tiba.

Terkait hal itu, Fatah Hadi Camat Dukun mengatakan pihaknya telah turun ke lokasi untuk melihat langsung kondisi dilapangan saat ini. “Kami belum tahu penyebab ambles dan longsornya  tanggul, yang berada dibantaran aliran Bengawan Solo ini. Tapi kami sudah koordinasikan dengan pihak terkait,” ujarnya kepada Independensi.com, Senin (30/9).

“Tanggul yang longsor dan ambles ini, panjangnya sekitar 100 meter dengan kedalaman ambles sedalam 1,5 meter. Kami berharap, segera ada penangan agar saat musim hujan tiba tidak menimbulkan bencana banjir,” tuturnya.

Masih menurut Fatah, ada dugaan longsor dan amblesnya tanggul akibat air di Bengawan Solo yang mengering. Sehingga, tanah tanggul yang retak menjadi pecah.

“Peristiwa ini, terjadi sejak kemarin dan sampai sekarang belum tindakan apa-apa. Karena, dinas terkait masih melakukan koordinasi dengan balai besar bengawan Solo (BBWS) untuk perbaikan tanggul,” pungkasnya. (Mor)