Ilustrasi. (Dok/Ist)

Danny Kosasih Kembali Pimpin Perbasi

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menyusul hanya ada satu calon, akhirnya petahana Danny Kosasih kembali terpilih sebagai Ketua Umum Pengurus Pusat Persatuan Bola Basket seluruh Indonesia (PP Perbasi) periode 2019-2023. Keputusan ini terjadi pada Musyarawah Nasional (Munas) Perbasi 2019 yang berlangsung di Ball Room Hotel Mercure Batavia, Jakarta Utara, Kamis (24/10/2019).

Munas dibuka dengan menunjuk pimpinan sidang sementara yang terdiri dari Zulkifli (PP Perbasi), Jamin Matotoran (Sulsel), Ahmad Srafifuffin (Sulsel), Andy Hirawan (DIY), dan Azwar Agus (Sumsel).

Agenda sidang pleno pertama adalah pengesahan jadwal dan tata tertib Munas Perbasi 2019 dan pemilihan pimpinan sidang. Selain itu, diputuskan pula pimpinan sidang tetap yang menetapkan Andi Hirawan (DIY), Frengky (Papua), Roni Yenes (Sumbar), dan Azwar Agus (Sumsel).

Pada sidang pleno kedua disampaikan laporan PP Perbasi masa bakti 2015-2019. Laporan itu diterima oleh para peserta sidang. Di sidang komisi 1 yang membidangi Organisasi adalah pembenahan dan konsolidasi organisasi PP Perbasi, pembenahan organisasi Perbasi Daerah, melaksanakan Munas, Rakernas, dan rapat rapat lainnya. Kemudian pembenahan data base atlet, pelatih, dan wasit juga menjadi rekomendasi di Komisi 1.

Adapun Komisi 1 juga menyarankan menyiapkan tim nasional untuk mengikuti multievent dan single event internasional. Selain itu juga merekomdasikan tim Pokja Perubahan dan penyempurnaan AD/ART Perbasi, enam bulan setelah pelantikan. Untuk penggalangan dana, direkomendasikan untuk pembuatan tim khusus penggalangan dana.

Untuk komisi 2 yang membawahi Binpres dan Sumber Daya Manusia (SDM), direkomendasi yang diberikan adalah menyelenggarakan/mengikuti seminar/sarasehan workshop pelatih, wasit, pengawas pertandingan, statistik, table official di level nasional maupun internasional. Jambore mini basket juga digelar.

Menurut ketua pelaksana George Fernando, pelaksanaan Munas berlangsung sukses dan lancar. “Penyelenggaraan Munas berlangsung lancar. Kami senang dengan hasil ini,” ucap George. “Partisipasi dari peserta pun aktif dan akomodatif,” imbuhnya.

Ketua Pengarah (SC), Andy Hirawan, yang juga komponen pimpinan sidang juga menyarankan agar Danny Kosasih sebagai ketua terpilih menentukan tim formatur yang beranggotakan lima orang termasuk, Danny.

“Saya menyarankan agar pak Danny menentukan anggota tim formatur untuk menyusun kepengurusan. Waktu sebulan diberikan kepada pak Danny untuk membentuk kepengurusan,” kata Andy Hirawan.

Danny Kosasih memilih empat formatur yakni Nanda Roekanda (Jabar), Husein Arif (Banten), Ahmad Freddy (DKI), dan Andy Hirawan (PP Perbasi).