Ilustrasi. (Dok/Ist)

Kediri Tuan Rumah IBL 2020

JAKARTA (IndependensI.com) – Kota Kediri bakal menjadi tuan rumah  kompetisi Indonesian Basketball League (IBL) musim 2020 yang akan diselenggarakan di Gedung Olahraga (GOR) Jayabaya Kota Kediri, Jawa Timur.

Sekretaris Daerah Kota Kediri Budwi Sunu HS mengemukakan, ditunjuknya Kota Kediri sebagai salah satu penyelenggara kompetisi IBL ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi pemkot.

“Dengan adanya kompetisi di Kota Kediri bisa menyemarakkan olahraga khususnya basket. Dan juga bisa menambah simpati masyarakat kepada basket. Karena memang akhir-akhir ini ada satu kecenderungan animo masyarakat terhadap basket kurang. Mudah-mudahan dengan adanya kompetisi ini menambah animo masyarakat menyukai basket,” kata Budak seperti dikutip dari Antara, Senin (25/11/2019).

Budwi menambahkan, erkait sarana prasarana dari manajemen IBL sudah melakukan survei dan GOR Jayabaya Kota Kediri dianggap layak serta memenuhi syarat untuk diselenggarakan pertandingan.

“Dari sisi akses sudah siap, dari sisi kapasitas alhamdulillah siap sekitar 9.000 orang. Kemudian untuk kelayakan lapang untuk dibuat pertandingan selama dua bulan ini akan kami benahi. Supaya layak untuk kompetisi IBL,” kata dia.

Sementara itu, Direktur Utama IBL Junas Miradiarsyah mengatakan, dipilihnya Kota Kediri sebagai salah satu kota penyelenggara karena kota ini memiliki histori yang sangat baik di bola basket. “Dari Kediri banyak mencetak pemain-pemain nasional kemudian antusias masyarakat juga baik, infrastrukturnya kami juga sudah cek memenuhi standar dengan kriteria penyelenggaraan IBL,” kata dia.

Junas menambahkan, dukungan dari Pemerintah Kota Kediri juga sangat baik bahkan sangat antusias. Pihaknya menyadari kegiatan tidak bisa berjalan maksimal tanpa dukungan berbagai pihak.

Terkait jumlah klub yang akan bertanding, Junas mengatakan ada 10 klub termasuk tim nasional yang akan berlaga di IBL musim 2020. Beberapa mereka seperti Satria Muda Jakarta, Amarta Jakarta, Pelita Jaya, Louvre Surabaya, Pacific Caesar Surabaya, Prawira Bandung, Prawira Yogyakarta, Satya Wacana Salatiga, NSH Jakarta ditambah tim nasional.