AK KM Mitra Sejahtera IX yang berasil diselamatkan

KM Mitra Sejahtera IX Tenggelam, 15 ABK Selamat

JAKARTA (Independensi.com). KM Mitra Sejahtera IX  mengalami kecelakaan dan tenggelam di perairan Makassar pada Sabtu, (23/11 pagi  sekitar pukul 07.00 WIT.. Seluruh anak buah kapal berhasil di selamatkan  dan dibawa ke Kantor Kesyahbandaran Utama Makasar.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menginstruksikan Dirjen Perhubungan Laut untuk mengusut penyebab tenggelamnnya kapal tersebut.

KM. Mitra Sejahtera IX merupakan jenis kapal container milik PT. Samudera Raya Indo Line yang berangkat dari Pelabuhan Surabaya menuju  Pelabuhan Kendari Sulawesi Tenggara, dengan diawaki oleh 15 orang ABK dan membawa barang sebanyak 147 container.

Di tengah pelayarannya kapal ini mengalami kecelakaan dan  tenggelam di sekitar perairan Makassar Seluruh ABK KM. Mitra Sejahtera IX berhasil diselamat oleh 3 (tiga) kapal yang sedang berlayar di wilayah tersebut masing-masing KM. Sinar Harapan 78 menyelamatkan 7 orang, KM. Mentari Nusantara menyelamatkan 3 orang dan KM. Mutiara Indah  sebanyak 5 orang.

“Setelah di evakuasi, seluruh ABK di bawa oleh KM. Sinar Harapan dan di jemput oleh Kapal Patroli milik KSU Makassar,  yakni KMP 350 dan selanjutnya dibawa ke Kantor Kesyahbandaran Utama Makassar”. kata Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai,  Ahmad  di Jakarta Minggu i24/11).

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menginstruksikan Dirjen Perhubungan Laut untuk mengusut penyebab tenggelamnnya kapal tersebut.

“Saya prihatin atas terjadinya peristiwa ini dan Saya telah instruksikan Dirjen Hubla untuk mengusut penyebab tenggelamnya kapal tersebut,” jelas Menhub.

Menhub Budi meminta Dirjen Hubla untuk melakukan tindakan korektif dan mengimbau seluruh stakeholder untuk selalu mengutamakan keselamatan dalam melakukan kegiatan sehingga hal serupa tidak terjadi lagi. (hpr)