Proses pemadaman KM Tanto Ceria oleh tim SAR gabungan

KM Tanto Ceria Terbakar Di Darmaga Maspion Gresik

GRESIK (Independensi.com) – Kapal Motor (KM) Tanto Ceria milik PT Tanto Intim Lines terbakar saat labuh jangkar, di Dermaga Maspion Kabupaten Gresik Jawa Timur, pada Selasa (26/11).

Untuk memadamkan kebakaran dikerahkan dua kapal tunda, milik PT Pelindo III, yaitu dan KT Jayanegara 203 dan KT Jayanegara 305.

Serta Tim SAR dari KPLP Tanjung Perak, Polair Mabes Polri, Ditpolair Polda Jatim dan Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Perak.

Kepala Seksi Keselamatan Berlayar Penjagaan dan Patroli (KBPP) KSOP Gresik Kusnadi membenarkan peristiwa kebakaran itu.

“Kapal yang terbakar bernama Tanto Ceria, posisi saat terbakar berada di kawasan Darmaga Maspion sedang menunggu giliran bongkar muat barang,” ujarnya.

“Api pertama kali muncul dari ruang nahkoda kapal dan beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Karena, seluruh anak buah kapal (ABK) berhasil diselamatkan,” tegasnya.

Sementara, Humas Basarnas Surabaya Tholib Valetehan menuturkan bahwa pihaknya dapat menguasai kobaran api setelah berjibaku memadamkan selama sekitar 3 jam.

“Sekitar pukul 11.40 WIB api berhasil dipadamkan, tapi pendinginan masih terus dilakukan untuk mencegah munculnya api kembali,” tutupnya. (Mor)