Tim Komnasham foto bersama sekda Kota Bekasi dan pejabat terkait. (humas)

Komnasham Datangi Pemkot Bekasi

BEKASI (IndependensI.com)- Guna terbentuknya jejaring mediasi,  Komisi Nasional Hak Asasi Manusia Republik Indonesia berkunjung ke Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi, kemarin. Kunjungan  dalam rangka pertemuan jejaring penguatan fungsi
mediasi.

Komnas HAM RI melalui Subkomisi Penegakan HAM Bidang Mediasi menjelaskan  tujuannya datang ke Pemerintah Kota Bekasi sebagai salah satu bentuk upaya mendorong terbentuknya jejaring mediasi, dan memberikan beberapa contoh pengaduan yang selama ini masuk ke Komnasham terkait Pemerintah Kota Bekasi.

Komnasham memberikan sosialisasi tentang mediasi yang dilakukan selama ini kepada warga yang mengadu, upaya-upaya atau langkah-langkah berhadapan dengan masyarakat langsung, agar mendapat solusi yang baik bagi pengadu maupun yang diadukan.

Sekretaris Daerah Kota Bekasi  Reny Hendrawati  menyambut tim  Komnasham RI, didampingi pejabat terkait. Dalam pertemuan tersebut Sekda  berterimakasih kepada tim Komnasham, karena dengan pertemuan ini dapat berdiskusi bersama dalam mengatasi pengaduan masyarakat yang masuk di kantor komnasham langsung maupun di Pemkot Bekasi.  “Ini adalah terobosan yang sangat baik, kami diajak langsung berdiskusi dengan tim komnasham terkait permasalahan yang ada”,  tuturnya.

Reny menjelaskan pengaduan-pengaduan yang masuk ke Pemkot Bekasi sudah teregulasi  baik, di setiap OPD sudah mempunyai tim Pejabat Pengelola Informasi Dokumentasi (PPID). Setiap ada pengaduan PPID Pembantu selalu cepat tanggap menginfokan ke PPID Utama (Kabag Humas) dan menindaklanjuti dengan baik.

PPID Utama dapat berkomunikasi dengan para kabag terkait sebagai bentuk percepatan proses  tentang adanya pengaduan, seperti langkah-langkah, rencana aksi dan penyelesaian permasalahan yang harus ditindaklanjuti. PPID Utama menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh pengadu, katanya. (jonder sihotang).