Camat Sipahutar Ronal Silitonga

Camat Sipahutar Ronal Silitonga: Lingkungan Bersih, Pikiran Bersih

SIPAHUTAR (Independensi.com) – Menggelar aksi gotong-royong setiap hari jumat, sudah dianggap sebagai kewajiban bagi seluruh warga di 23 desa se-Kecamatan Sipahutar, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumut. Jika setiap desa membudayakan gotong royong , maka akan tercipta lingkungan yang bersih, yang dapat membuat pola pikir kita jernih. Demikian sekelumit kalimat dilontarkan Ronal Silitonga-Camat Sipahutar kepada Independensi.com lewat whatsapp beberapa waktu lalu.

Setiap hari Jumat, seluruh masyarakat di Kecamatan Sipahutar, akan melakukan gotong-royong, melakukan berbagai perbaikan di lingkungannya masing-masing. Mulai dari pembersihan saluran air dan pembersihan sisi kiri/kanan jalan, perbaikan jalan disetiap desa dan lain-lain. Semua pelaksanaan gotong royong, dijadwalkan untuk dikerjakan setiap minggu. Pelaksanaan gotong royong setiap hari jumat ini, juga melibatkan seluruh siswa/i sekolah yang ada didaerahnya, serta seluruh warga masyarakat dan aparat setempat.

Menggelar aksi bersih-bersih saluran dan tumpukan sampah diseluruh wilayah Kecamatan Sipahutar ini, sekaligus untuk mengantisipasi genangan air dan banjir yang dapat mewabah penyakit demam berdarah dengue (DBD). Mudah-mudahan, kerja bhakti lewat gotong royong ini, selain kita jadikan sarana silaturahmi, juga akan banyak manfaatnya dalam mengatasi air yang akan mengalir disaluran dengan lancar, serta menciptakan lingkungan yang bersih dan indah, kata Ronal Silitonga.

Lebih lanjut Ronal Silitonga mengatakan, gotong royong setiap hari jumat ini, sudah lama kita laksanakan di seluruh Kecamatan Sipahutar. Lewat pelaksanaan pembersihan lingkungan secara gotong royong ini, dengan sendirinya kita mengajak masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan tempat apalagi dipinggir jalan ataupun kepinggir sungai. Lewat pertemuan sekali seminggu, kita berikan pemberdayaan ditengah masyarakat, betapa pentingnya kebersihan itu, ujar mantan Camat di Kecamatan Muara ini.

Gotong Royong di Sipahutar

Dikatakan, upaya untuk selalu melaksanakan gotong royong dilingkungan Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Utara, lingkungan sekolah dan ditengah masyarakat, ini merupakan instruksi dari Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dengan slogan melalui jumat bersih akan tercipta lingkungan yang bersih serta pikiran yang bersih. Sehubungan dengan itu, kita sudah melakukan gotong royong diberbagai daerah, seperti pembersihan ruas jalan perbatasan Onanrunggu II Kecamatan Sipahutar dengan Bahalbatu II Kecamatan Siborongborong.

Pembersihan rute jalan Sipahutar Desa Sipahutar II dan Desa Siabal-abal II. Perbaikan saluran drainase di jalan ring road Pasar Sipahutar Desa Sabungan Nihuta I. Jumat bersih komplek seluruh instansi se Kecamatan Sipahutar, pembersihan kawasan rumah ibadah, pembersihan ambar (danau) Onanrunggu dan ambar Sipahutar, perbaikan jalan di Siabal-abal dan banyak lagi perbaikan serta pembersihan di 23 desa se-Kecamatan Sipahutar yang telah dilaksanakan secara gotong royong, melibatkan seluruh unsur Upika Kecamatan Sipahutar, ujar Ronal .  (Maurit Simanungkalit)