Anggota MPR/DPR RI, Herman Khaeron (jaket hitam)

Herman Khaeron : Penyuluh Memiliki Peran Strategis dalam Menjaga Stabilitas Sektor Pertanian dan Perikanan

CIREBON (IndependensI.com) – Anggota MPR/DPR RI, Herman Khaeron, menegaskan bahwa para penyuluh memiliki peran strategis dalam menjaga stabilitas sektor pertanian dan perikanan. Penegasan ini disampaikan politisi Partai Demokrat ini saat sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan di salah satu hotel di Kota Cirebon, Rabu (4/12)

Hero – sapaan Herman Heron- memiliki alasan tersendiri memilih melakukan sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan kepada para penyuluh pertanian dan perikanan. Karena menurut dia, penyuluh memiliki kedetakan tersendiri dengan masyarakat.

“Peran penyuluh sangat strategis di mana masyarakat di banyak daerah cenderung lebih senang melihat dan mengikuti realitas yang terjadi,”tutur Hero.

Penyuluh bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat pelaku di sektor pertanian dan perikanan untuk menyusun perencanaan matang. “Jadi harus memiliki planning. Jadi ketika harga saat panen jatuh, kita bisa membeli dengan harga yang manusiawi,” katanya.

Ia pun mencontohkan, misalnya saat panen bawang atau harga bawang sedang bagus, pasti orang semua akan berusaha berada di sektor itu. Masyarakat ramai-ramai menanam bawang. “Peran penyuluh ini sangat strategis,” kata Hero.

Hero pun menegaskan, pihaknya terus memperjuangkan kesejahteraan masyarakat, termasuk kalangan penyuluh. Dari sektor ekonomi, perlu terus diperkuat. “Karena kalau ekonominya semakin kuat, maka nasionalismenya juga semakin kuat,” katanya. (Chs)