KPPPA Gelar Piala Merak 2019 kepada Sejumlah Media

Loading

JAKARTA (IndependensI.com) – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga serahkan penghargaan Piala Merak (Media Ramah Anak) 2019 kepada beberapa media serta wartawan menginspirasi, Senin malam (9/12/2019). Malam Penganugerahan ini merupakan acara puncak dari rangkaian Media Kompetisi 2019 yang telah diselenggarakan untuk kedua kalinya sebagai wujud apresiasi KPPPA kepada media yang telah berpartisipasi dan berkontribusi pada upaya sosialisasi dan edukasi dalam pemenuhan hak anak dan perlindungan khusus anak.

Media Kompetisi 2019 yang telah berlangsung pada September-November 2019 ini dibagi menjadi tiga mata lomba, yaitu lomba penulisan artikel, fotografi, dan video feature. Selain itu, juga diberikan penghargaan khusus bagi Media Menginspirasi dan Wartawan Menginspirasi.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Bintang Puspayoga (kedua kiri) bersama Deputi Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA Lenny N Rosalin (kiri) foto bersama seusai memberikan penghargaan Piala Merak (Media Ramah Anak) Tahun 2019 kepada beberapa wartawan di Jakarta, Senin (9/12/2019).

Dalam rangka mensosialisasikan peran keluarga dalam perlindungan anak, KPPPA mengusung tema “Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak Menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030”. Proses penjurian seluruh lomba telah dilakukan selama bulan November 2019.

Menteri PPPA, Bintang Puspayoga, mengucapkan selamat kepada wartawan dan media penerima penghargaan Anugerah MERAK 2019, sekaligus berharap penghargaan yang diterima mampu menjadi motivasi untuk lebih maju lagi bekerja dalam melindungi anak Indonesia.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Bintang Puspayoga (keempat kiri) bersama Deputi Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA Lenny N Rosalin (keempat kanan) foto bersama seusai memberikan penghargaan Piala Merak (Media Ramah Anak) Tahun 2019 kepada beberapa wartawan di Jakarta, Senin (9/12/2019).

“Semoga penganugerahan ini menjadi inspirasi bagi rekan media dan jurnalis lain untuk lebih memperhatikan secara serius pemenuhan hak anak, utamanya dalam hal penyajian pemberitaan dan informasi anak guna mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) Tahun 2030,” kata Bintang dalam siaran persnya, Selasa (10/12/2019).

Sementara itu, Deputi Menteri PPPA Bidang Tumbuh Kembang Anak Kementerian PPPA, Lenny N Rosalin, menuturkan bahwa melalui kegiatan ini diharapkan agar media selalu melakukan edukasi kepada masyarakat tentang perlindungan anak.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) Bintang Puspayoga (ketiga kanan) bersama Deputi Tumbuh Kembang Anak Kemen PPPA Lenny N Rosalin (keempat kiri) foto bersama dengan penari seusai memberikan penghargaan Piala Merak (Media Ramah Anak) Tahun 2019 kepada beberapa wartawan di Jakarta, Senin (9/12/2019) malam.

“Saya berharap media akan selalu bergerak untuk menyuarakan pentingnya peran keluarga dalam upaya pemenuhan hak anak, juga menjadi inspirasi bagi masyarakat umum bahwa keluarga memiliki peran yang sangat penting dalam proses tumbuh kembang anak” jelasnya.

Acara penganugerahan Piala MERAK 2019 diawali dengan sesi diskusi yang mengangkat tema Peran Media dalam Mendidik Keluarga untuk Pemenuhan Hak Anak, yang menghadirkan Lenny N Rosalin; Antropolog dari Universitas Indonesia, Semiarto Aji; Dewanto wartawan Antara; dan testimoni Shahnaz Haque sebagai seorang ibu.