Manajemen PT ASDP Indonesia Ferry siap mensukseskan pelayanan penyeberangan pada masa Nataru

Beli Tiket Online, Nyebrang Dengan ASDP Dapat Fasilitas Khusus

JAKARTA (Independensi.com)
PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) memperkirakan akan melayani sebanyak 2,2 juta penumpang dan 305 ribu kendaraan roda empat khususnya di 9 lintasan terpantau nasional pada masa Natal dan Tahun Baru 2020.

PT ASDP fokus dalam peningkatan layanan berbasis digitalisasi sehingga pengguna jasa semakin dimudahkan dan cepat dalam mengakses transportasi penyeberangan.

Untuk layanan penyeberangan Natal dan Tahun Baru ini, pengguna jasa diharapkan dapat melakukan pembelian tiket secara online khususnya pejalan kaki hingga kendaraan golongan V.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi potensi kepadatan saat terjadi lonjakan penumpang maupun kendaraan. Dengan pembelian tiket online, kapasitas dermaga menjadi terkendali, dan pelanggan pun nyaman karena memiliki kepastian rentang waktu.

“Dengan beli tiket online, pengguna jasa dapat lebih mudah sehingga tidak harus antre membeli tiket di pelabuhan,”.kata Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Imelda Alini di Jakarta, Kamia (19/12)

Ditambahkan oleh Imelda, di empat pelabuhan utama Merak-Bakauheni, Ketapang-Gilimanuk juga telah disediakan vending machine, dimana penumpang pejalan kaki tetap dimudahkan jika ingin membeli tiket di pelabuhan dengan transaksi pembayaran non tunai dan langsung cetak boarding pass.

Penumpang diharapkan dapat memastikan kecukupan saldo dalam kartu non tunai yang digunakan sesuai dengan tarif penumpang dan kendaraan, sehingga transaksi menjadi lancar dan cepat.

Direktur Operasional dan Teknik ASDP Lamane menabahkan, dalam layanan e-ticketing, kini semakin lengkap dengan penambahan channel pembayaran dimana tidak hanya melalui transfer bank, tetapi juga melalui Finpay serta melalui gerai retail modern seperti Indomaret dan Alfamart.

Pengguna jasa dapat lebih mudah dengan mengisi daftar manifest secara online saat membeli tiket wia website. “Di pelabuhan tinggal scan di vending machine atau tunjukkan QR code di toll gate kendaraan.

Khusus untuk pembeli tiket secara online, akan disiapkan loket, jalur, dan area parkir siap muat khusus sehingga tidak perlu ikut mengantri seperti reguler dan diprioritaskan naik ke kapal menggunakan side ramp.

Untuk panduan calon penumpang akan disiapkan layar informasi berupa LED di Exit Toll Merak dan Bakauheni yang berisikan tentang kondisi kepadatan di dalam area pelabuhan, apakah lancar, ramai lancar atau padat;

ASDP selama angkutan Natal dan Tahun Baru akan dilayani oleh 48 dermaga dan 187 unit kapal (termasuk swasta), yang tersebar di 15 unit pelabuhan dan 11 cabang pelayanan yang berada di sejumlah kota Indonesia. (hpr)