Kemen PUPR Umumkan Pemenang Sayembara Desain Ibu Kota Negara

JAKARTA (Independensi.com) – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono hari ini menyaksikan pengumuman pemenang desain ibu kota negara (IKN) baru dalam sayembara.

“Hari ini saya bahagia, senang tapi terharu. Di ruangan ini kita membuat sejarah Indonesia karena kita akan mulai dengan pekerjaan yang besar, memindahkan ibu kota negara,” kata Basuki dalam sambutannya di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menyaksikan langsung penetapan ini mengaku bangga sekaligus terharu. Pasalnya, penetapan ini merupakan momentum bersejarah di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Dia mengapresiasi kelima peserta yang menjadi juara dalam sayembara desain ibu kota negara. Menurutnya ini merupakan langkah awal dalam rencana besar memindahkan ibu kota.

“Sekarang yang ada di ruangan ini 5 besar. Saya bangga kepada yang sudah berperan serta, aktif dalam gagasan desain ibu kota baru kita. Ini baru awal sejarah yang kita buat,” jelasnya.

Pengunjung sedang melihat desain ibu kota negara di Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Senin (23/12/2019).

Basuki turut mengapresiasi seluruh peserta yang sudah ikut berpartisipasi dalam sayembara ini. Totalnya ada 755 peserta yang mengikuti kompetisi. Dirinya memohon maaf kepada peserta yang tidak terpilih.

“Mohon maaf apabila ada yang ‘lho kok itu yang dipilih, bukan saya. Sekali lagi mohon maaf apabila ada hal-hal yang kurang memuaskan dan menyenangkan tapi keputusan juri tidak bisa diganggu gugat,” tambahnya.

Juara I : Nagara Rimba Nusa sayembara desain Ibu Kota Negara

Sebagai rincian, ada 5 pemenang sayembara desain terbaik yang dikategorikan menjadi juara harapan dan juara terbaik. Lima pemenang desain ibu kota baru ini berhasil menyisihkan 287 peserta lain dari tahap pengiriman karya hingga penilaian akhir.

Berikut rincian pemenang:

– Juara Harapan II: Banua Rakyat

– Juara Harapan I: Zamrud Khatulistiwa

– Juara III: Seribu Galur

– Juara II: The Infinite City

– Juara I: Nagara Rimba Nusa